Connect with us

Berita Terbaru

DPRD ‘Meradang’ Ritel Modern Menjamur hingga Ke Perkampungan Kab. Tangerang; Legislator PDIP Ini Buru-buru Lakukan Ini

Published

on

Ketua DPRD Kab. Tangerang Kholid Ismail saat berdialog dengan para Jurnalis Pokja Wartawan Harian Kabupaten Tangerang di Tigaraksa Golf and Residence, Minggu 28 Maret 2021. (Bantenhits/ Rikhi Ferdian)

Tangerang- Sebanyak 13 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) akan segera dibahas di Legislator DPRD Kabupaten Tangerang. Dimana 13 Raperda yang akan dibahas itu merupakan 8 Raperda inisiatif DPRD dan 5 Raperda usulan dari Pemerintah Daerah (eksekutif). 

Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Kholid Ismail menuturkan, salah satu Raperda inisiatif yang akan dibahas yakni mengenai usaha ritel yang sudah menjamur baik ritel modern maupun ritel tradisional. 

Terlebih, lanjut Kholid, saat ini banyak usaha ritel modern yang masuk ke perkampungan. Padahal, dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 112 diatur bahwa ritel modern hanya diperbolehkan di kawasan tertentu dan bukan di kawasan pedesaan untuk menjaga kearifan lokal. 

BACA :  USBN Dihapus, Bupati Pandeglang Ingin Muatan Lokal Jadi Prioritas dalam Penyusunan Soal Ujian di Sekolah

“Dan ini jangan sampai di satu sisi para pemodal bisa mengembangkan usahanya, sementara yang tradisional ini dengan modal yang pas-pasan dengan sistem yang tradisional ini mati. Jadi ini perlu diatur,” Tutur Kholid saat berdialog dengan para Jurnalis Pokja Wartawan Harian Kabupaten Tangerang di Tigaraksa Golf and Residence, Minggu 28 Maret 2021. 

Selain Raperda soal ritel, lanjut Kholid, ada beberapa Raperda inisiatif yang juga akan dibahas diantaranya Raperda soal Perlindungan Petani serta Raperda mengenai Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

Sementara, tambah legiso PDIP ini, satu dari lima Raperda usulan eksekutif yakni revisi terkait Perda Prasarana, Sarana, Utilitas (PSU). 

“Kita minta agar perda ini seperti disesuaikan dengan kebutuhan misalnya perda UMKM dan kita ingat sekarang ada Omnimbuslaw dan ini harus disesuaikan,” Pungkasnya.

BACA :  Cegah Kerumunan Massa saat Malam Pergantian Tahun, Irna Tutup Alun-alun Pandeglang dan Larang Warga Konvoi

Editor: Fariz Abdullah 



Pria kelahiran Jakarta ini memiliki latar belakang sarjana pendidikan. Ketertarikan pada dunia literasi membuat Rikhi--begitu dia biasa dipanggil--memilih jalan hidup sebagai jurnalis.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler