Connect with us

Berita Utama

Mudik Lebaran Dilarang, Bioskop dan Arena Bermain Anak di Kabupaten Tangerang Jadi Akan Dibuka?

Published

on

Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Tangerang saateninjau persiapan pembukaan bioskop dan arena nermain anak di Mall Ciputra Citra Raya.

Tangerang – Pemerintah pusat resmi melarang mudik Lebaran 2021 pada 6-17 Mei 2021. Kebijakan melarang mudik Lebaran ini diambil sesuai arahan Presiden Joko Widodo pada rapat bersama menteri dan jajaran, 23 Maret 2021.

Dikutip BantenHits.com dari CNNIndonesia.com, larangan mudik mempertimbangkan risiko penularan COVID-19. Larangan berlaku untuk seluruh ASN/TNI-Polri karyawan swasta maupun pekerja mandiri dan seluruh masyarakat.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan angka penularan dan kematian COVID-19 masih tinggi terutama pasca libur panjang.

“Cuti bersama idul fitri satu hari ada, tapi enggak boleh ada aktivitas mudik. Pemberian bansos akan diberikan,” kata Muhadjir di Jakarta, Jumat, 26 Maret 2021.

BACA :  Iman Berharap HMI Perjuangkan Kepentingan Rakyat

Kata Muhadjir, aturan resmi tentang larangan mudik akan diatur lebih lanjut oleh Polri dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Mekanisme pergerakan orang dan barang akan diatur kementerian dan lembaga terkait. Untuk kegjatan keagaman dalam rangka menyambut Ramadan akan diatur Kemenag, dan berkonsultasi dengan organisasi keagamanan,” kata Muhadjir.

Bioskop dan Arena Bermain Anak Dibuka

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Tangerang akan membuka bioskop dan arena bermain anak-anak dalam waktu dekat ini. Namun, karena masih Pandemi COVID-19, harus tetap dilakukan secara protokol kesehatan ketat.

Tim Satuan tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Tangerang sendiri sudah mengecek arena bermain dan bioskop yang akan dibuka.

“Pembukaan bioskop dan arena bermain ini tidak secara serentak melainkan bertahap,” kata Ketua Satgas COVID-19 Kabupaten Tangerang Hery Heryanto, Jumat, 26 Maret 2021. 

BACA :  Tiga Penumpang Toyota Avanza Tewas Tercebur Sungai di Medang Tangerang

Menurut Hery, bakal ada penerapan pembatasan usia dan waktu pada saat bioskop dan arena bermain anak dibuka. Bioskop dan area bermain anak boleh buka dengan maksimal hanya 30 persen dari kapasitas ruangan.

Pengelola bioskop atau arena permainan anak juga wajib mengecek suhu tubuh pengunjung. Di arena permainan anak, masih tidak diperbolehkan wahana yang mengharuskan kontak fisik dengan orang lain. Jam operasional  mulai 08.00 hingga malam hari pukul 21.00 WIB.

Semua yang datang juga wajib menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Mall Ciputra Citra Raya Janji Taati Prokes

Herry juga mengungkapkan, timnya sudah mengecek bioskop dan arena bermain anak di Mall Ciputra, Kawasan Citra Raya, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang.

BACA :  Ketua Pansus RZWP3K Tiba-tiba Sisir Pelabuhan-Pelabuhan di Banten; Pertanyakan Izin TUKS

Juru bicara Satgas Covid 19 Kabupaten Tangerang Hendra Tarmizi juga mengatakan tim akan membahas hasil  kunjungan dan tinjauan yang dilakukan Tim Satgas Covid-19 bersama  Dinas Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),  dan Dinas Komunikasi dan Informasi.

“Kami lihat mereka sudah mempersiapkan protokol kesehatan dengan baik. Namun semua akan dibahas bersama pimpinan,” kata Hendra.

General Manager Mall Ciputra l, Viktor Irawan berjanji akan mengikuti aturan protokol kesehatan yang diterapkan Pemerintah Kabupaten Tangerang. Ia berharap area bermain anak dan bioskop segera dibuka.

“Kami tetap mengikuti aturan protokol kesehatan yang sudah diatur oleh Pemerintah Pusat dan Daerah,” pungkasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler