Kilang Minyak Balongan Terbakar; Polres Cilegon Mendadak Datangi PT Pertamina di Tanjung Gerem, Begini Kondisinya

Date:

Suasana di PT Pertamina Regional III Terminal Tanjung Gerem, Kota Cilegon. Jajaran Polres Cilegon melakukan pengecekan menyusul kebakaran di kilang minyak Balongan, Indramayu, Jawa Barat. (BantenHits.com/ Iyus Lesmana)

Cilegon – Kebakaran disertai ledakan terjadi di kilang minyak milik PT Pertamina RU VI di Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin dini hari, 29 Maret 2021.

Pasca-kebakaran tersebut, Kepolisian Resort atau Polres Cilegon langsung melakukan pengecekan sistem keamanan di PT Pertamina Regional III Terminal Tanjung Gerem, Senin siang.

Pengecekan yang dipimpin langsung Kapolres Cilegon, AKBP Sigit Haryono tersebut, ingin memastikan sistem keamanan di PT Pertamina Tanjung Gerem benar-benar siap mengantisipasi jika terjadi hal yang tak diinginkan seperti peristiwa serupa.

“Kita melakukan pengecekan sistem keaamanan untuk mengantisipasi kebakaran, dimulai dari aparnya (alat pemadam ringan), jalur evakuasi, hydrannya dan pemadam kebakarannya semua sudah siap. Dan sudah ditera ulang. Selain itu kita juga sudah siap mengantisipasi jika adanya kegiatan-kegiatan sabotase kita sudah siapkan pengamanan. Karena Pertamina Tanjung Geram ini merupakan salah satu Objek Vital Nasional,” kata Sigit.

Sigit mengungkapkan, pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang ada di PT Pertamina Regional III Terminal Tanjung Gerem aman untuk 21 hari ke depan. Ia pun memastikan Pertamina Tanjung Gerem siap untuk memenuhi kebutuhan suplay BBM jika sewaktu-waktu diminta memenuhi suplay BBM yang biasa disanggah oleh Pertamina Balongan.

“Cadangan minyak yang ada itu cukup untuk kebutuhan 21 hari, sehingga untuk pasokan BBM di wilayah yang disanggah oleh tanjung gerem ini aman dan jika di minta untuk menyuplay ke wilayah Balongan siap,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Fuel Terminal Manager di PT Pertamina Regional III Terminal Tanjung Gerem. Menegaskan jika sistem keamanan guna mengantisipasi terjadinya kebakaran telah benar-benar siap dan dilakukan pemeriksaan secara berkala.

“Alat-alat pemadam kebakaran selalui kita cek dan kita tera secara berkala dan kalibrasi ulang satu tahun sekali, atrinya jika terjadi hal yang tidak di inginkan kita sudah siap,” tegasnya.

“Kita juga dipersiapkan juga seandainya nanti sewaktu-waktu Balongan tidak bisa suplay untuk Jakarta kami gerem siap, pasokan siap tidak ada masalah karena kita slama ini sudah layani BBM Premium Jakarta,” tegasnya

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...