Connect with us

Berita Terbaru

Masih Pandemi COVID-19, Begini Skenario saat 207 Desa di Pandeglang Gelar Pilkades Juni 2021

Published

on

Ilustrasi Pilkades di Pandeglang (Dok. Banten Hits/Engkos Kosasih)

Pandeglang – Pemerintah Kabupaten Pandeglang memperbanyak Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 207 Desa yang melaksanakan Pilkades pada 13 Juni 2021 mendatang. Hal ini untuk mencegah penularan COVID-19.

Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Pandeglang, Asep Permana mengatakan, jumlah TPS di 207 Desa sebanyak 1.336, dimana 1 TPS tidak lebih dari 500 hak pilih.
 
“Apalagi di kondisi pandemi ini yang sebelumnya ini TPS itu hanya satu sekarang berbeda, setiap Desa itu maksimal 500 DPT per satu TPS. Kalau gambaran umum tidak jauh seperti Pilkada kemarin. Kita rencanakan ada kurang lebih 1.336 TPS yang tersebar di 207 Desa, 32 Kecamatan,” katanya, Senin 29 Maret 2021.
 
Menurutnya, Pilkades tahun ini akan menerapkan protokol kesehatan dan pelibatan tenaga medis. Sementara tahapan lainnya dalam Pilkades tahun 2021 ini tidak banyak yang berubah.
 
“Tidak jauh sama aja dengan Pilkades-pilkades sebelumnya, hanya memang dalam kondisi pandemi kita ada tambahan-tambahan aturan lain lagi kaitan dengan protokol kesehatan dan lain-lain,” jelasnya.
 
Anggota Komisi I DPRD Pandeglang, Miftahul Farid Sukur mengatakan, penambahan TPS sangat relevan dengan kondisi pandemi COVID-19.
 
“Menyesuaikan dengan protokol kesehatan ini kan kalau 1 TPS 500 (DPT) uji cobanya di Kabupaten Bogor tahun 2020 pada saat ini jadi Kemendagri turun langsung monitoring, apakah memang relevan dengan pemilihan bupati dan ternyata relevan,” pungkasnya.

BACA :  Ratusan Hektar Sawah di Kota Serang Kekeringan Setelah Pintu Air Pamarayan Ditutup, Petani Terancam Gagal Panen

Editor : Darussalam Jagad Syahdana



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler