Masyarakat dan Aktivis Lingkungan Tolak Proyek Sodetan Ciujung, BBWS-C3 Dinilai Labrak Etika dan Prinsip dalam PP 32/2019

Date:

Warga dan aktivis lingkungan hidup memasang poster memprotes proyek sodetan Sungai Ciujung. (BantenHits.com/ Mahyadi)

Serang – Sejumlah aktivis Lingkungan Hidup di Kabupaten Serang menilai proyek pembangunan intake atau sodetan sungai Ciujung di Desa Puser Kecamatan Tirtayasa, akan mencemari lingkungan.

Pasalnya, pembangunan intake tersebut akan
menghubungkan sungai Ciujung Baru yang sudah tercemar limbah ke sungai Ciujung Lama yang masih bersih.

Seorang aktivis Lingkungan Hidup, Rasyid Ridho mengatakan, Balai Besar Wilayah Sungai Ciujung, Cidurian, dan Cidanau (BBWS-C3) sangat ceroboh dan tidak menperhatikan aspek lingkungan.

“Ini akan menjadi objek pencemaran baru yang dapat menghancurkan ekosistem dan biota sungai. Harusnya BBWS-C3 bisa memperhatikan dampak dari pembangunan sodetan ini,” kata Ridho, Selasa 30 Maret 2021.

Menurut Ridho, saat sosialisasi pihak BBWS-C3 mengaku akan melakukan normalisasi sungai, namun pada kenyataanya malah akan membangun sodetan. Dia meminta pihak BBWS-C3 segera menghentikan proyek tersebut.

“Dalihnya normalisasi tapi pembangunan intake ini yang jadi masalah di masyarakat. Jika diteruskan, 14 Desa akan merasakan dampaknya, kami harap jangan diteruskan,” ujarnya.

Sebuah alat berat tengah melakukan sodetan (intake) di Sungai Ciujung. Sodetan Sungai Ciujung ditolak warga dan aktivis lingkungan hidup. (BantenHits.com/ Mahyadi)

Ridho mengklaim, secara umum warga tidak menolak normalisasi sungai. Akan tetapi, pihak BBWS-C3 malah akan membangun sodetan. Dia menuding, BBWSC-13 tidak mengindahkan etika dan prinsip lingkungan hidup seperti tertuang dalam Peraturan Pemerintah nomor 32 Tahun 2009.

“Ini brangkat dari hati nurani masyarakat yang memang resah atas dampak yang akan terjadi nantinya jika pembangunan ini tetap dilanjutkan,” tandasnya.

Editor: Engkos Kosasih

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...