Connect with us

Berita Terbaru

Pemkab Lebak Mulai Vaksinasi Covid-19 Para Lansia; Jatah di Kalanganyar Hanya 140 Orang

Published

on

Vaksinasi Covid-19 Lansia di Kecamatan Kalanganyar. (Istimewa)

Lebak- Pemerintah Kabupaten Lebak mulai melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap para lanjut usia (lansia) di Kabupaten Lebak. Penyuntikkan akan berlangsung di masing-masing Puskesmas.

Selasa, 6 April 2021 proses vaksinasi berlangsung di Puskesmas Kecamata Kalanganyar, Jalan Raya Leuwidamar, Desa Sukamekarsari, Kabupaten Lebak. Targetnya vaksin akan akan diterima untuk 140 orang lansia.

“Vaksinasi untuk lansia sendiri kita targetkan 140 orang, sesuai dengan kouta vaksin,”kata Kepala Puskesmas Kecamatan Kalanganyar Rafei.

Kata Rafei, saat ini baru 27 lansia yang sudah menjalani vaksinasi tahap I.

“Yang hadir banyak yah, cuma setelah kita periksa hanya 27 orang yang memenuhi persyaratan untuk disuntik vaksin. Biasanya mereka tidak bisa divaksin karena memiliki penyakit bawaan atau komorbid yang tinggi, “katanya.

BACA :  Dibangun Tahun Lalu, Proyek Shelter Tsunami Labuan Masih Acak-Acakan

Rafei menjelaskan, pada vaksinasi lansia ini terdapat pengetatan screening atau pemeriksaan, karena tidak semua lansia dapat divaksin.

“Untuk vaksinasi lansia ada screening lebih ketat, seperti pemeriksaan lebih jauh mengenai riwayat kesehatan lansia yang bersangkutan, ” ujarnya.

“Ada tambahan anemnesa (Pertanyaan riwayat kesehatan-red), yakni jika mengalami kesulitan untuk naik 10 anak tangga, sering mengalami kelelahan, memiliki paling sedikit 5 dari 11 penyakit (Hipertensi, diabetes, kanker, penyakit paru kronis, serangan jantung, gagal jantung kongestif, nyeri dada, asma, nyeri sendi, stroke dan ginjal), mengalami kesulitan berjalan 100-200 meter, dan mengalami penurunan berat badan yang bermakna dalam setahun terakhir,” tambahnya.

Sementara itu, Yong Sin Seng (60), seorang lansia yang jalani vaksinasi berharap vaksin itu dapat meningkatkan kekebalan tubuhnya dari paparan virus covid-19.

BACA :  Lagi, Polres Cilegon Amankan Dua Wanita Berjilbab

“Ya semoga dengan bisa semakin kebal terhadap paparan virus Covid-19,” pungkasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Terpopuler