Connect with us

Berita Terbaru

Menjelang Ramadhan Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Labuan Naik; Cabai Rawit Merah Tembus Rp120 Ribu

Published

on

Seorang Pedagang di Pasar Labuan, Kabupaten Pandeglang saat Mempersiapkan Kebutuhan Pokok yang Akan Dijual (BantenHits.com/Samsul Fatoni)

Pandeglang – Harga kebutuhan pokok di Pasar Labuan, Kabupaten Pandeglang merangkak naik, menjelang bulan suci Ramadhan 1442 hijriah. Kenaikan harga ini, menjadi rutinitas tahunan saat menghadapi hari-hari besar.

Harga kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan mulai dari harga bawang merah yang tadinya sebesar Rp 27 ribu sekarang menjadi Rp 30 ribu per-kilogram, harga tomat yang tadinya sebesar Rp 7 ribu menjadi Rp 10 ribu perkilogram.

Begitu juga dengan harga cabai rawit hijau yang tadinya Rp 40 ribu, menjadi Rp 60 ribu. Terlebih pada harga cabai rawit merah kenaikannya cukup signifikan, yang tadinya sebesar Rp 40 ribu sekarang menjadi Rp 120 ribu.

BACA :  Pemkab Catat¬†Produksi Padi di Kabupaten Lebak Meningkat 7,50 Persen

Seorang pedagang sembako, Yanti mengaku tidak mengetahui penyebab kenaikan harga tersebut, namun yang jelas setiap menjelang bulan Ramadhan harga sembako kerap mengalami kenaikan.

“Kenaikan harga yang paling parah itu cabai rawit merah, hingga mencapai Rp 120 ribu perkilogram. Namun sebagian komoditas sembako yang lain harganya masih standar,” ungkap Yanti di Pasar Labuan, Kamis 8 April 2021.

Menurut dia, kemungkinan besar harga komoditas sembako yang lain juga akan ikut naik, karena sudah menjadi kebiasaan dalam setiap tahunnya saat memasuki bulan Ramadhan.

“Tapi memang kalau harga sembako sudah naik biasanya susah turun lagi, bahkan dimungkinkan sampai menjelang Hari Raya Idul Fitri,” katanya.

Terpisah, Koordinator UPT Pasar Labuan, Tatang Gojali mengaku, memang harga sembako menjelang Ramadhan ini sudah mulai naik. Karena setiap hari ia bersama timnya selalu memantau perkembangan harga-harga kebutuhan pokok tersebut.

BACA :  Firasat Akan Terlibat Kecelakaan Sudah Dirasakan Korban Selamat Kecelakaan Beruntun di Puncak

Dikatakannya, selain harga sembako yang sudah mengalami kenaikan, harga daging ayam pun juga sudah naik yang tadinya sebesar Rp 28, menjadi Rp 38 ribu perkilogram.

“Tiap hari juga kami selalu memantau perkembangan harga di Pasar Labuan, dan memang sekarang harga – harga sembako sudah mulai merangkak naik,” ujarnya.

Ditambahkannya, setiap perkembangan harga sembako yang dipantaunya itu selalu dilaporkan kepada pihak Dinas Perdagangan dan Pasar (Disperindag) Pandeglang.

“Tapi biasanya jika sudah ada kenaikan harga, akan ada operasi pasar yang dilakukan pihak Disperindag,” pungkasnya.

Editor : Engkos Kosasih



Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Terpopuler