Connect with us

Berita Terbaru

Pelantikan Irna-Tanto Hambat Pelaksanaan Pilkades Serentak di Pandeglang

Published

on

Ilustrasi pilkades. (tribunnews.com)

Pandeglang – Pelaksanaan Pilkades di 207 Desa di Kabupaten Pandeglang yang dijadwalkan Juni 2021, terhambat pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang. Bahkan pelaksanaan Pilkades berpotensi diundur.

Kepala DPMPD Pandeglang, Doni Hermawan mengatakan, belum bisa memastikan kapan pelaksanaan Pilkades. Sebab, pada 26 April baru akan dilaksanakan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada Pilkada kemarin.

“Saya belum bisa memastikan pelaksanaan Pilkades apakah di bulan Juni atau bulan apa. Karena Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang terpilih baru akan dilantik pada tanggal 26 April ini,” kata Doni melalui sambungan telpon, Kamis 8 April 2021.

Ditambah tahapan Pilkades membutuhkan waktu 3 sampai 4 bulan. Sehingga jika dilaksanakan pada Juni 2021 atau setelah pelantikan Bupati dan Wakil Bupati digelar, tahapan Pilkades tidak memiliki cukup waktu.

BACA :  Pelaku Curas yang Beraksi di Kosambi Diringkus Petugas

“Untuk proses tahapan Pilkades kami butuh waktu selama 3 sampai 4 bulan. Maka saya pastikan Pilkades dilaksanakan bukan di bulan Juni 2021 in. Tahap Pilkadesnya juga belum ada, masih menunggu Pelantikan Bupati Bupati Pandeglang dan hasil pelatihan bersama Depdagri,” jelasnya.

Meski demikian, Doni mengaku sudah mensosialisasikan Peraturan Bupati (Perbup) Pandeglang Nomor 7 tahun 2021, tentang tata cara pencalonan, pemilihan, pelantikan dan pemberhentian Kepala Desa di masa pandemi COVID-19 pada para camat se-Kabupaten Pandeglang, yang nantinya disosialisasikan lagi oleh para camat kepada pihak desa dan masyarakat.

“Terkait Pilkades, kami baru sosialisasikan Perbup nya, dengan tujuan agar masyarakat di bawah tahu dulu nih tentang pencalonan Kepala Desa. Namun untuk waktu pelaksanaan Pilkadesnya kami belum bisa memastikan,” pungkasnya.

BACA :  Kini Keluhan Warga Akan Direspons Lebih Cepat lewat Aplikasi "Siaran Tangsel"

Sementara, Pelaksana Tugas (Plt) Camat Menes, Pandeglang, Didi mengaku, belum mendapatkan kepastian terkait pelaksanaan Pilkades serentak 2021. Namun untuk Perbup pihaknya sudah mensosialisasikan kepada para Kepala Desa dan masyarakat yang akan melaksanakan Pilkades di wilayahnya.

“Kami sudah melakukan sosialisasi Perbup tentang Pilkades. Di wilayah Kecamatan Menes ini ada sebanyak 6 desa yang akan melakukan Pilkades,” tandasnya.

Editor : Engkos Kosasih



Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Terpopuler