Pasokan Ikan Menurun Drastis, Harga Ikan di Pandeglang Naik Dua Kali Lipat

Date:

Pasokan Ikan Dari Nelayan Menurun Drastis, Harga Ikan di Pasar Labuan Naik (Foto. BantenHits/Samsul Fatoni)

Pandeglang – Satu hari menjelang bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah, harga ikan di Pasar Labuan, Kabupaten Pandeglang melambung tinggi. Hal ini, desababkan pasokan ikan dari nelayan menurun drastis akibat cuaca buruk.

“Kondisi cuaca buruk sehingga pasokan ikan menurun dan berdampak pada tingginya harga ikan di pasaran. Bahkan bisa naiik dua kali lipat dibanding dengan hari – hari biasa,” kata
Kepala Tempat Pelelangan Ikan (TPI) 2 Labuan, Jumadi, Senin 12 April 2021.

Selain itu kata Jumadi, permintaan ikan saat ini lagi tinggi, karena mau menghadapi Bulan Suci Ramadhan. Sementara pasokan ikan dari nelayan beekurang, sehingga wajar jika harga ikan sekarang melambung tinggi.

“Penurunan pasokan ikan dari nelayan bisa mencapai 40 sampai 50 persen, dan hal ini sudah berlangsung sejak bulan Desember 2020 lalu,” katanya.

Adapun ikan – ikan yang saat ini ada di pasarkan, lanjut Jumadi, itu kiriman dari daerah Jakarta dan wilayah lainnya. Sehingga harganya pun berbeda jauh dibanding dengan harga ikan dari nelayan di wilayah Labuan.

“Mayoritas ikan yang ada di pasaran dipasok dari Jakarta dan daerah lain. Karena di para nelayan Labuan sudah beberapa bulan ini tidak bisa melaut,” ujarnya.

Sementara, seorang pedagang ikan di Pasar Labuan, Umi mengaku, harga ikan naik mencapai dua kali lipat dibanding dengan hari-hari sebelumnya.

“Tongkol kecil saja yang biasanya sebesar Rp 20 ribu perkilo, sekarang mencapai Rp 40 sampai 45 ribu perkilonya,” singkat dia.

Diketahui, tingginya harga ikan tidak hanya terjadi di wilayah Pasar Labuan, akan tetapi di beberapa pasar lain di wilayah Kabupaten Pandeglang, mengalami hal yang sama.

Editor : Engkos Kosasih

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pemkab Serang Gelar Razia KTP bagi Pendatang Baru 29 April – 5 Mei 2024

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Serang melalui...

Kalian Pendatang Baru di Kota Tangerang dan Ingin Urus Pindah Domisili? Simak Info Resmi Ini!

Berita Tangerang - Buat kalian warga pendatang baru di...

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...