Connect with us

Berita Terbaru

Puskesmas Carita Dibangun di Tengah Hutan, Ini Alasan Dinkes

Published

on

Gedung Puskesmas Carita yang Dibangun Dinas Kesehatan pada Tahun 2020 Lalu Berada di Tengah Hutan. Lokasi Ini Dinilai Tidak Strategis (BantenHits.com/Samsul Fatoni)

Pandeglang – Puskesmas Carita yang dibangun di tengah hutan dan jauh dari permukiman warga kental dengan cerita mistis. Bahkan pegawai Puskesmas mengalami kerasukan mahluk halus saat penyerahan kunci gedung.

Alasan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pandeglang, memilih lokasi pembangunan gedung Puskesmas baru tersebut karena wilayah Kecamatan Carita masuk zona merah tsunami, sehingga harus jauh dari pesisir pantai. Selain itu Dinkes Pandeglang tidak memiliki biaya untuk pembebasan lahan.

“Wilayah Carita kan masuk zona merah bencana tsunami. Maka Puskesmas harus menjauh dari kawasan pantai, ditambah lagi lahan Pemda yang ada hanya di situ (tengah hutan),” kata Sekretaris Dinkes Pandeglang, Eniyati, Senin 12 April 2021.

BACA :  Hari Pertama Masuk Kerja, Zaki Sidak Pelayanan Publik

Eni mengklaim, lokasi pembangunan Puskesmas Carita yang menelan anggaran
Rp5,8 Miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2021itu sudah sesuai intruksi dari pemerintah pusat, yang mengharuskan Puskesmas di zona merah tsunami menjauh dari pesisir pantai.

“Tidak ada lagi lahan milik Pemda di wilayah Carita selain itu. Sementara kalau harus membebaskan lahan, kami tidak punya anggaran. Makanya lahan itulah satu-satunya yang menajdi sosluai agar bantuan pemerintah pusat bisa terserap,” jelasnya.

Sementara terkait sarana penunjang yang belum memadai, seperti infrastruktur jalan dan Penerangan Jalan Umum (PJU), Eni menyerahkan sepenuhnya pada DPUPR dan Dishub Pandeglang, agar Puskesmas tersebut bisa dioprasikan.

“Sebelumnya kami juga sudah membahas dengan pihak Dishub, DPUPR serta pihak terkait lainnya soal sarana penunjang Puskesmas Carita yang baru itu. Mulai perbaikan jalan ditangani DPUPR, penerajangan jalan ditangani Dishub,” pungkasnya.

BACA :  Maju DPRD Provinsi Banten, Sekjen Golkar Cilegon Mengaku Dapat Restu Iman Ariyadi

Editor : Engkos Kosasih



Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Terpopuler