Connect with us

Berita Terbaru

Sehari jelang Ramadan Harga Daging Ayam di Pandeglang Tembus Rp 40 Ribu Per Kg

Published

on

Salah seorang penjual daging ayam di Pasar Badak Pandeglang tengah melayani konsumen.(BantenHits.com/ Samsul Fatoni)

Pandeglang – Sehari menjelaskan Ramadan 1442 H atau Senin, 12 April 2021, harga daging ayam potong di sejumlah pasar di Kabupaten Pandeglang naik signifikan.

Pantauan wartawan BantenHits.com Samsul Fatoni, harga daging ayam yang sebelumnya hanya Rp 30 ribu per kilogram, kini tembus Rp 38 – 40 ribu.

Salah seorang pedagang daging ayam di Pasar Badak Pandeglang, Apipi mengungkapkan, semua pedagang daging ayam di pasar Badak Pandeglang mengeluhkan tingginya harga daging ayam menjelang bulan puasa.

“Tadinya Rp 30 ribu, sekarang naik jadi Rp 38 ribu. Naiknya jelang puasa tahun ini sangat luar biasa,” ungkapnya, Senin, 12 April 2021.

BACA :  Bikin Ribuan Honorer di Banten Resah, Keanehan SE dan SK Dindikbud Ini Tak Pernah Terjawab

Dikatakannya, kenaikan harga daging ayam itu sudah terjadi sejak seminggu yang lalu. Semua pedagang juga mengeluh, karena kesulitan menjual kepada para pembeli lantaran harganya yang terlalu tinggi.

“Saya kan ngambilnya dari penyedia, dari sananya udah naik harganya. Sekarang dengan harga segitu, ngejualnya juga jadi susah kang,” ucapnya.

Akibat lonjakan tersebut lanjut dia, penjualan menurun drastis hingga 50 persen karena pembeli di lapaknya mayoritas tidak kuat membeli daging ayam dengan harga tinggi.

“Daya beli juga menurun, soalnya pada enggak kuat harganya. Pembeli juga banyak yang ngeluh, biasanya beli banyak sekarang dikurangi karena harganya yang tinggi,” ujarnya.

Ditambahkannya, kenaikan itu bakal terus terjari hingga hari raya Idul Fitri mendatang. “Ini belum bulan puasa, pas puasa mah pasti naik lagi,” ucapnya.

BACA :  Ratusan Rumah Kumuh di Kabupaten Pandeglang Bakal Dapat Sentuhan Dinas Sosial

Para pedagang di Pasar Badak Pandeglang pun berharap pemerintah bisa melakukan penanganan terhadap tingginya harga daging ayam. Pasalnya, memasuki bulan Ramadan pangan itu biasanya laris diburu pembeli untuk kebutuhan masyarakat.

“Harapan kami pemerintah segera turun tangan atasi harga-harga kebutuhan pokok, salahnsatunya daging ayam yang harganya terus naik,” harapnya.

Terpisah, salah seorang pembeli warga Kecamatan Majasari, Eti mengaku, kaget harga daging ayam mengalami kenaikan yang cukup tinggi. 

“Sepekan yang lalu gak segitu harganya (Rp 38 ribu), ini sudah naik. Tapi sekarang naiknya cukup signifikan,” tandasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Terpopuler