Connect with us

Berita Terbaru

Lebak Usul Pembangunan Fly Over di Dua Perlintasan Kereta Api ke Pemprov Banten, Ini Lokasinya

Published

on

Ilustrasi Fly Over. (Net)

Lebak- Pemerintah Kabupaten Lebak mengusulkan pembangunan jalan layang atau fly over di jalan arteri. Tujuannya untuk melerai kemacetan seiring meningkatnya volume kendaraan.

Ya, usulan itu telah dilayangkan Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Lebak, pada tahun 2020 kepada Pemerintah Provinsi Banten.

“Jumlah fly over yang diusulkan dibangun di dua perlintasan kereta api. Yaitu di jalan Ir Juanda dan jalan Citeras – Tigaraksa,” Kepala Bidang P2PD (Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah) Bapelitbangda Lebak Widy Ferdian kepada BantenHits, Rabu, 14 April 2021.

Kata Widy, perlintasan kereta di ruas jalan Juanda, lokasi tepatnya berada di Kampung Leuwiranji, Kelurahan Muara Ciujung Timur, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak. Sedangkan perlintasan di jalan Citeras – Tigaraksa tepatnya berada di Kampung Nongkob, Desa Mekarsari, Kecamatan Rangkasbitung atau dekat dengan gerbang masuk perumahan Citra Maja Raya.

BACA :  Setelah Dikukuhkan, Ini Langkah yang Akan Dilakukan Tim Saber Pungli Banten

“Dua perlintasan itu berada di jalan arteri yang harus segera dibangunkan Fly Over untuk mencegah terjadinya kemacetan. Seiring dengan semakin meningkatkan volume kendaraan melintasi jalan tersebut,” katanya.

Menurutnya, keberadaan Fly Over menjadi sangat dibutuhkan seiring dengan bertambah padatnya jadwal perjalanan KRL karena sudah selesainya pembangunan jalur rel ganda Rangkasbitung – Tanah Abang. Pada saat ini perjalanan KRL melintas di perlintasan setiap 30 menit sekali.

Semakin cepatnya waktu KRL melintas maka sangat berpengaruh terhadap kelancaran arus lalu lintas di jalan arteri. Bisa menyebabkan terjadinya kemacetan atau keterlambatan laju kendaraan karena singkatnya buka tutup pintu perlintasan kereta api.

“Oleh karena itu perlu dipersiapkan infrastrukturnya. Dan kita sudah mengusulkan pembangunan Fly Over kepada Pemprov Banten,” katanya.

BACA :  Pemkab Lebak Kejar Target LTT dari Kementan RI; Tembus 30 Ribu Hektare

Selain itu, pembangunan Fly Over di jalan Citeras – Tigaraksa ini sebagai persiapan menyambut pembangunan ruas jalan Tol Serpong – Balaraja yang berbatasan dengan Kecamatan Maja. Jika jalan tol tersebut dioperasikan maka akan terjadi peningkatan volume kendaraan di jalan Arteri Citeras – Tigarkasa

“Mereka akan memilih melewati jalur arteri yang ada akses jalan tol nya. Maka dari itu kita tidak usulkan bangun Fly Over di jalan Citeras – Cikande,” katanya.

“Sampai saat ini usulan itu belum ada tindaklanjutnya dari Pemprov,”tambahnya.

Sementara itu, Warga Rangkasbitung, Adhari berharap Pemprov Banten dapat merealisasikan pembangunan fly over.

“Itu sudah menjadi kebutuhan bukan hanya mencegah terjadinya kemacetan tetapi juga memberikan rasa aman. Kalau buka tutup pintu perlintasan sering maka ancaman tertabrak kereta semakin tinggi,” katanya.

BACA :  Selama Idul Adha, Pengunjung Lapas Klas 1 A Tangerang Meningkat Tajam

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Terpopuler