Connect with us

Berita Terbaru

Mau Beli Daging Segar di Pasar Tradisional? DKPP Cilegon Saran Perhatikan Hal Ini

Published

on

DKPP Cilegon saat memeriksa sample daging di Pasar Kranggot. (Bantenhits/Iyus Lesmana)

Cilegon- Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Cilegon mendorong agar masyarakat membeli daging di pasar, kios-kios atau lapak resmi. Tujuannya, agar mereka terhindar dari bahaya daging berformalin.

Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Hewan dan Vertenier pada DKPP Kota Cilegon Abraham Syah menerangkan terdapat beberapa perbedaan antara daging segar dan berformalin.

Perbedaan ini, menurut Abraham bisa dilihat secara langsung oleh masyarakat yang hendak membeli daging.

“Secara kasat mata untuk membuktikan daging itu mengandung formalin atau tidak, ciri fisknya jika daging mengandung formalin yaitu ketika dipegang oleh tangan daging mengkerut, tekstur daging keras. Ketika tangan memegang daging maka tangannya seperti ada lipatan, bau seperti bau kimia,” Ujar Abraham usai melakukan pemeriksaan daging di Pasar Baru Kranggot, Rabu, 14 April 2021.

BACA :  Anggaran Penanganan Covid-19 di Kabupaten Serang Meningkat Jadi Rp 45 Miliar

Kata Abraham, saat saat ini terjadi peningkatan permintaan daging di pasaran memasuki Ramadan. Dan dengan adanya momen tersebut tidak menutup kemungkinan terjadi kecurangan.

“Sehingga, kami bersama Dinas Pertanian Provinsi Banten melakukan pemeriksaan daging di Pasar Baru Kranggot dan Pagebangan,” ungkapnya.

Sementara Medik Vertenier Dinas Pertanian Provinsi Banten, Jajang Deni mengatakan jika pemerintah wajib untuk menjamin keamanan produk hewan sebelum dikonsumsi oleh masyarakat.

“Pengawasan dilakukan terhadap produk hewan dan turunannya. Daging sapi, kerbau, ayam serta produk turunannya seperti bakso. Dari hasil pemeriksaan sementara di Pasar Baru Kranggot dan Pagebangan, tidak ditemukan adanya daging sapi dioplos daging babi ataupun daging mengandung formalin atau boraks. Pengawasan akan terus dilakukan selama Ramadan,” tandasnya.

BACA :  Bocah Terjatuh dari Tangga Kapal yang Hendak Sandar di Pelabuhan Merak

Editor: Fariz Abdullah



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler