Connect with us

Berita Terbaru

Duh, 14 Warga Lebak Terkonfirmasi HIV/AIDS Dalam Tiga Bulan Terakhir

Published

on

Ilustrasi. Penderita HIV/AIDS. (pojoksatu.id)

Lebak- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak mencatat terdapat 14 warga Kabupaten Lebak terjangkit HIV/AIDS dalam tiga bulan terakhir atau Januari sampai Maret 2021.

Dari ke 14 warga, enam diantaranya merupakan seorang pria sedangkan delapan lainnya berjenis kelamin wanita.

Dari catatan mereka, 7 diantara mereka juga telah positif AIDS sedangkan sisanya HIV.

Bagian Pengelolaan Program HIV/AIDS pada Dinkes Lebak, Leni Farida saat ditemui diruang kerjanya mengatakan, mereka yang terkonfirmasi saat ini tengah dalam pengawasan ketat Dinas Kesehatan.

Tim juga menurut Leni, kerap mendorong mereka untuk rutin memeriksakan kondisi kesehatannya ke Klinik Seroja di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Adjidarmo Rangkasbitung.

BACA :  Terminal 3 Bandara Soetta Tangerang Dilengkapi 75 Permainan Tradisional, Salah Satunya Mungkin Permainan Favorit Anda saat Kecil

“Klinik Seroja ini merupakan klinik khusus melayani pemeriksaan kesehatan para Odha di Kabupaten Lebak, yang disediakan Pemkab di RSUD Dr Adjidarmo,”ujar Leni, pekan lalu.

Kata Leni, ke 14 warga Lebak yang terjangkit HIV/AIDS tersebut, berawal penyakit dari penyakit penyerta yang mereka derita. Lalu, saat menjelani perawatan dibeberapa rumah sakit di Rangkasbitung, hasil tes darah yang dilakukan pihak medis, maka ke 14 warga tersebut diketahui terjangkit HIV/AIDS.

“Selain mendampingi untuk kepentingan pemeriksaan kesehatannya, kamipun melakukan konseling agar 14 ODHA ini, tidak memiliki rasa dendam dan prustrasi, sehingga akhirnya mereka memiliki niat untuk menularkan virusnya kepada orang lain,”kata Leni.

Terpisah, Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) pada Dinkes Lebak, Firman Rahmatullah berharap kasus ODHA 2021, mampu ditekan, sehingga angkanya tidak mengalami lonjakan, seperti kasus ditahun-tahun sebelumnya.

BACA :  Dinas Pariwisata Bantah Persulit Penerbitan Rekomendasi Ijin Operasi Karaoke di Lebak

“Selama 2020, kasus ODHA di Lebak lumayan banyak, yaitu mencapai 91 kasus. Dari jumlah tersebut 19 diantaranya AIDS, serta 72 lainnya HIV,”terangnya Firman.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Terpopuler