Connect with us

Berita Terbaru

Manfaatkan Lahan Tidur di Kabupaten Serang, Bupati Tatu Jalin Kerjasama Dengan Kang Emil

Published

on

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Kiri) saat Berfoto Bersama Dengan Bupati Serang (Kanan) usai Menjalin Kerjasama Pemanfaatan Lahan di Kabupaten Serang (Istimewa)

Serang – Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah menjalin kerjasama dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil atau Kang Emil, untuk memanfaatkan lahan tidur di Kabupaten Serang.

Kerjasama itu dilakukan melalui PT. Agro Serang Berkah, anak perusahaan BUMD PT. Serang Berkah Mandiri dan PT. Agro Jawa Barat, BUMD milik Pemprov Jawa Barat. 

Kerjasama itu ditandai dengan penyerahan memorandum of understanding (MoU) dilakukan di Pendopo Bupati Serang, Kamis 15 April 2021.

“Dua perusahaan daerah akan saling kerja sama mulai dari permodalan hingga pemasaran dan pemanfaatan teknologi. Insya Allah, membawa berkah untuk masyarakat Kabupaten Serang,” kata Tatu kepada wartawan. 

BACA :  Gelar Open House, Bupati Irna: Gaungkan Siar Islam

Menurut Tatu, Kabupaten Serang punya lahan pertanian dan perkebunan yang cukup luas. Belum lagi masih banyak lahan tidur yang belum dimanfaatkan.

“Untuk pasar misalnya untuk jagung, kita juga punya pabrik pakan,” ujarnya. 

PT Agro Jawa Barat pada tahap awal membutuhkan sekira 1.000 hektare lahan untuk pengembangan tanam jagung. Saat ini, kata Tatu, hasil inventarisasi awal, ada sekira 4.000 hektare lahan di Kabupaten Serang yang bisa dimanfaatkan untuk tanam jagung. 

“Semua sudah kami inventarisasi bersama Dinas Pertanian. Termasuk lahan milik perusahaan yang belum dimanfaatkan, akan kami komunikasikan untuk bisa dipakai untuk pengembangan tanaman jagung dan pemberdayaan masyarakat,” ujarnya. 

Tatu menegaskan, pertanian adalah salah sektor ekonomi unggulan Kabupaten Serang. Setiap tahun, hasil pertanian terutama padi, selalu mengalami surplus.

BACA :  Alun-alun Serang Jadi Seperti Diskotek, Bukti Ketidakpedulian Pemkab Serang

“Kami akan manfaatkan kerjasama ini dengan baik, untuk pemberdayaan masyarakat. Jika Pemda Jawa Barat turun, insya Allah lancar. Dan Pak Gubernur Jawa Barat mendukung, ini luar biasa,” tegas Tatu. 

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, sektor pangan tidak terpengaruh oleh pandemi COVID-19.

“Ini tahap awal dalam kerja sama jangka panjang, melalui kerja sama bidang pertanian. Apalagi bidang pangan ini selama COVID-19, terbukti tidak turun, malah naik,” ujarnya.

Emil mengatakan, PT Agro Jawa Barat selaku BUMD milik Pemprov Jawa Barat menawarkan teknologi dan pangsa pasar yang bisa dimanfaatkan bersama PT Agro Serang Berkah.

“Selama COVID-19 juga, kami saling menguatkan kerjasama antar daerah,” pungkasnya.

BACA :  Pengemudi Suzuki APV yang Tewas di Parkiran Bandara Soekarno-Hatta Akan Jemput Pihak Kedutaan

Editor : Engkos Kosasih



Terpopuler