Connect with us

Berita Terbaru

Sembilan Parpol Dapat Kucuran Dana Segar dari Pemkab Lebak; Gerindra dan Demokrat Selisih Rp39 Juta

Published

on

FOTO ILUSTRASI Bantuan Keuangan (Bankeu). (SatelitNews)

Lebak- Sebanyak sembilan partai politik (Parpol) di Kabupaten Lebak akan mendapatkan kucuran dana segar dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak.

Ya, dana yang berasal dari APBD itu merupakan dana hibah. Totalnya mencapai Rp1,3 miliar.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, dana hibah itu diberikan kepada Parpol yang berhasil mendapatkan kursi di DPRD Lebak, pada perhelatan Pemilihan Legislatif pada 2019 lalu.

Dari 9 Parpol, diketahui Partai Gerindra Lebak mendapatkan jatah dana hibah paling besar dibandingkan dengan partai lainnya dengan kisaran jumlah sebesar Rp261 juta kemudian disusul oleh partai Demokrat dengan jumlah dana hibah sebesar Rp222 juta dan PDI perjuanagan sebesar Rp183 juta.

BACA :  Warga Antusias Lihat Iring-iringan Kendaraan Hias Pawai Taaruf MTQ XIX Kota Tangerang

“Sudah kami imbau agar para pengurus Parpol itu untuk melengkapi dokumen persrayatan pencairan dana hibah itu,” kata Kabid Poldagri dan Ormas Bakesbangpol Lebak Tati Suryati, Rabu, 14 April 2021.

Kata Tati, dari 9 parpol yang mendapat dana hibah, baru 4 parpol yang sudah menyetorkan dokumen administrasi tersebut. Lima parpol lainnya masih dalam proses melengkapi.

“Saya harap parpol yang belum menyerahkan kelengkapan dokumen administrasinya bisa segera, paling lambat besok lah. Sekaligus dengan laporan triwulannya saya tunggu,” kata Tati.

“Setelah semua masuk, maka dibuatkan berita acara setelah diverifikasi oleh tim. Berita acara itu lalu ditandatangani oleh Kesbangpol, BKAD (Badan Keuangan dan Aset Daerah), Inspektorat, bagian hukum, Asda II dan KPU. Baru kemudian diajukan ke bupati untuk disetujui lalu dicairkan ke masing-masing parpol,”tambahnya.

BACA :  Pembangunan Villa Archipelago Beach Carita Tak Berizin

Terpisah, Kepala BKAD Lebak Budi Santoso mengatakan, bantuan keuangan kepada 9 parpol sebesar Rp1,3 miliar lebih tidak termasuk yang terkena refocusing.

“Tidak lah, itu kan mandatory UU (Undang-undang). Enggak ada kenaikan, besaran untuk per suaranya pun masih sama dengan tahun lalu,” kata Budi.

Dari 9 parpol, 4 parpol yang sudah melengkapi dokumen administrasi yakni PDI Perjuangan, Partai Gerindra, PKS dan Partai Golkar.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Terpopuler