Connect with us

Berita Terbaru

Tok! Zakat Fitrah Bagi Warga Lebak Rp30 Ribu

Published

on

Ketua MUI Lebak, KH Pupu Mahpudin. (Bantenhits/Fariz Abdullah)

Lebak- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lebak menetapkan zakat fitrah sebesar Rp30 ribu. Penetapan itu berdasarkan hasil survey harga beras kualitas medium dan rapat pengurus Baznas.

Ketua Baznas Lebak Pupu Mahpudin menerangkan zakat fitrah tahun 2021 tidak mengalami kenaikan seperti tahun 2020. Karena para petani di 28 kecamatan telah memasuki panen raya.

Alhasil, lanjut Pupu, harga beras tidak mengalami kenaikan. Untuk itu, zakat fitrah ditetapkan Rp30 ribu atau setara dengan harga 2,5 kilogram beras.

“Berdasarkan hasil survey tim yang dibentuk Baznas Lebak, kita memutuskan zakat fitrah tahun ini Rp30 ribu,” kata Pupu Mahpudin, Sabtu, 17 April 2021.

BACA :  Gunakan Pompa Air Tenaga Surya, Distan Lebak Berharap Hasil Panen Petani Maksimal

“Zakat fitrah ini akan menyucikan kita semua setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan. Utamanya kita berzakat pada hari terakhir Ramadan. Tapi, zakat fitrah bisa dibayarkan sebelumnya,” tambahnya.

Di bulan Ramadan, kata Pupu Baznas juga akan membagikan zakat dan menyalurkan bantuan beras kepada ribuan masyarakat Kabupaten Lebak. Penyaluran bantuan akan dilakukan pengurus Baznas kecamatan bekerjasama dengan para camat dan kepala desa.

“Sekarang kita masih dalam suasana pandemi Covid-19. Untuk itu, kita akan bagikan zakat dan salurkan bantuan beras dari Baznas pusat untuk masyarakat yang kurang mampu di 28 kecamatan,” jelasnya.

“Jadi, zakat fitrah Rp30 ribu ini untuk beras kualitas medium yang banyak dinikmati masyarakat kalangan menengah ke bawah. Jika masyarakat kalangan menengah ke atas, yang sehari-hari biasa makan nasi dengan kualitas premium zakat fitrahnya bisa Rp50 ribu. Itu dipersilahkan, mau yang Rp30 ribu atau Rp50 ribu,” timpal Humas Baznas Lebak, Ade Bujhaerimi.

BACA :  Sekda: Birokrat Jujur Disiapkan di Kabupaten

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Terpopuler