Organisasi Dinilai Tak Sehat dan Tak Beretika, Pengurus Bapera di Banten Ramai-ramai Mundur 

Date:

 

Pengurus Bapera di Banten saat ramai-ramai menyatakan mundur. (Istimewa)

Serang – Pengurus Organisasi Barisan Pemuda Nusantara atau Bapera di Provinsi Banten ramai-ramai mundur. Mereka kecewa kebijakan pengurus pusat yang melakukan perombakan kepengurusan di kabupaten/kota.

Bahrul Ulum, Ketua Bapera Kabupaten Serang menilai, keputusan pengurus pusat tak beretika dan tidak sehat dalam berorganisasi.

Ulum sendiri sebetulnya tak termasuk dalam pengurus yang dirombak pengurus pusat. Selain Kabupaten Serang, ada dua kepengurusan lainnya yang tak kena perombakan yakni Kota Cilegon dan Kota Tangsel.

Sementara, pengurus yang mendadak diganti di antaranya ketua Bapera Banten, Kota Serang, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Lebak, Kota Tangerang, dan Kabupaten Pandeglang.

“Walaupun saya tidak diberhentikan, namun menarik diri, mundur, dan membubarkan diri dari kepengurusan Bapera Kabupaten Serang. Organisasi ini sudah tidak sehat, tidak beretika dalam menjalankan roda organisasi,” kata Ketua Bapera Kabupaten Serang Bahrul Ulum melalui keterangan tertulis kepada BantenHits.com.

Ulum mengaku mendapatkan informasi bahwa Ketua Bapera Banten telah beralih dari Hendrik Karosekali kepada Ali Hanafiah. Kemudian terjadi juga pergantian ketua Bapera di sejumlah kabupaten/kota di Banten.

“Terlepas dari konflik yang mungkin terjadi di antara pengurus pusat dan Banten, tetapi proses pergantian yang terjadi tidak ada sedikit pun komunikasi dan koordinasi yang baik,” tegas Ketua DPRD Kabupaten Serang ini.

Ia menegaskan, Bapera merupakan organisasi yang mayoritas berisi para pemuda, seharusnya menjunjung tinggi etika berorganisasi dan mengedepankan prinsip kebersamaan.

“Pergantian yang terjadi menunjukkan upaya perpecahan kalangan pemuda di Banten. Dan ini artinya, organisasi ini sudah tidak sehat bagi bernaungnya para pemuda. Dan kami sepakat membubarkan diri,” ujarnya.

Ahmad Viktor termasuk yang diganti posisinya dari Ketua Bapera Kabupaten Tangerang dan diganti oleh Fajrul. Viktor mengaku terdapat hal lucu dalam surat keputusan pergantian dirinya.

“Dalam surat keputusan mengganti saya sebagai Ketua Bapera Kabupaten Tangerang, tetapi ada kalimat pengurus Kota Tangerang Selatan. Ini surat keputusan aneh. Jadi lebih baik saya mundur dari Bapera,” ujarnya.

Ia mengaku sedang menghimpun sekira 1.000 anggota Bapera di Kabupaten Tangerang dan akan melakukan kegiatan. Namun tiba-tiba ia mendapatkan informasi pergantian pengurus.

“Ada dorongan, kami bersama sejumlah ketua dan pengurus Bapera di kabupaten/kota untuk membuat Bapera tandingan. Tidak kami lakukan, dan memilih mundur dan membubarkan diri dari Bapera,” tegasnya.

Viktor menegaskan, melihat komposisi kepengurusan Bapera Banten dan kabupaten/kota yang dirombak oleh pengurus pusat, memperlihatkan organisasi ini semakin melemah.

“Sudah tidak baik menjadi tempat berhimpun para pemuda. Kami membubarkan diri,” tegasnya.

Asep, Ketua Bapera Kabupaten Pandeglang mengaku, sedang mempersiapkan pelantikan kepengurusan tingkat kecamatan pasca Idul Fitri.

“Dengan pergantian kepengurusan yang tidak sehat, saya menyatakan mundur dan membubarkan kepengurusan Bapera Pandeglang dan tingkat kecamatan se-Kabupaten Pandeglang,” tegasnya.

Sikap dan keputusan mundur dari Bapera disampaikan Teguh Istaal sebagai Ketua Bapera Kota Serang, Yudi Ketua Bapera Kabupaten Lebak, dan Ahmad Rusdi Sebagai Ketua Bapera Kota Tangerang.

Editor: Fariz Abdullah

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...

Pemindah-tanganan Aset Karantina Hewan Pemkab Tangerang yang Kini Diduga Dikuasai Pengembang Masih Misterius

Berita Tangerang - Proses pemindah-tanganan aset milik Pemkab Tangerang...