Connect with us

Berita Terbaru

Berikut Tahapan Pilkades Serentak di Pandeglang yang Bakal Digelar 18 Juli 2021

Published

on

Ilustrasi Pilkades (Istimewa)

Pandeglang – Dinas Pemberdayaan dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Pandeglang, memastikan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) di 207 Desa di Kabupaten Pandeglang, bakal digelar pada 18 Juli 2021.

Bahkan, dokumen tahapan Pilkades Nomor 141/851- DPMPD/2021sudah ditandatangani Bupati Pandeglang. Dalam dokumen itu tahapan Pilkades dimulai dengan pembentukan panitia tingkat kecamatan pada tanggal 3 sampai 4 Mei 2021.

Kemudian sosialisasi dan pembentukan panitia Pilkades tingkat desa pada tanggal 5 sampai 8 Mei 2021. Kemudian tahapan pengumuman dna pembukaan pendaftaran bakal calon Kades pada tanggal 4 sampai 12 Juni 2021.

Selanjutnya, penelitian berkas persyaratan bakal calon Kades pada tanggal 22 sampai 25 Juni. Penetapan balon yang berhak mengikuti ujian tanggal 26 Juni, dan pelaksanaan ujian saringan dan penilaian bakal calon pada tanggal 27 sampai 29 Juni.

BACA :  Menteri Susi akan Berenang Bersama Prajurit Marinir Arungi Selat Sunda

Dan penetapan hasil seleksi dan pengumuman calon kades yang berhak dipilih pada tanggal 30 Juni sampai 1 Juli 2021, dan pelaksanaan pemungutan suara Pilkades jatuh pada tanggal 18 Juli nanti.

“Ya, tahapannya sudah ada dan sudah sitandatangani Bupati Pandeglang. Jadi dalam tahapan itu, Pilkades akan dilaksanalan 18 Juli nanti,” ungkap Kepala DPMPD Pandeglang, Doni Hermawan, Kamis 29 April 2021.

Dikatakannya, di Kabupaten Pandeglang ada sebanyak 207 desa yang akan melangsukan Pilkades. Adapun untuk masa jabatan kades di 207 Desa itu akan habis pada tanggal 27 Juli 2021, sehingga jabatan Kades di masing-masing Desa tidak akan kosong.

“Pilkades ini digelar sebelum masa jabatan kades di 207 Desa itu habis. Artinya nanti tidak ada Pejabat Sementara (Pjs) kades, karena tidak ada kekosongan jabatan selama proses Pilkades itu,” katanya.

BACA :  Punya Harta Rp 542,5 Juta, Ini Rumah Panitera Pengganti PN Tangerang yang Ditangkap KPK

Doni menjelaskan, pelaksanaan Pilkades akan dibiayai oleh Dana Desa (DD) Tahap I. Sementara bagi para calon Kepala Desa tisak dilungut biaya untuk pendaftaran.

“Anggaran Pilkadesnya dari DD tahap satu,” pungkasnya.

Editor : Engkos Kosasih



Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Terpopuler