Keamanan Perairan Banten Dapat Dipantau Lewat Aplikasi, Namanya BISA

Date:

Dirpolairud Polda Banten Kombes Pol Rustam Mansur saat memberikan sambutan dalam acara launching Aplikasi BISA. (Bantenhits/Iyus Lesmana)

Cilegon- Ditpolairud Polda Banten melaunching aplikasi Brilliant Innovative, Speed, Accountable (BISA) yang terintegrasi dengan sebelas pilar instansi di Banten.

Menggandeng Vessel Traffic Service (VTS ) Merak, aplikasi yang diinisiasi oleh Dirpolairud Polda Banten Kombes Pol Rustam Mansur ini bertujuan untuk memberikan kemudahan layanan bagi masyarakat dan pemantauan aktivitas lalu lintas kapal di Traffic Separation Schame (TSS) Selat Sunda.

Aplikasi ini terintegrasi dengan sebelas pilar, yaitu Lanal, Bea Cukai, Basarnas, KSOP, INSA, BMKG, BPBD, DKP, Karantina Pertanian, Karantina Kesehatan Pelabuhan dan Ditpolairud Polda Banten.

“Perlu ada terobosan kreatif dalam upaya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik. Terobosan ini kita upayakan bersinergi melibatkan stakeholder di Banten,”ujarnya saat memberikan sambutan pada peluncuran aplikasi di Dermaga Ditpolairud Polda Banten, Jumat, 30 April 2021.

Aplikasi ini, menurut Rustam, dibuat untuk memaksimalkan monitoring keamanan Selat Sunda dari pelanggaran dan tindak pidana yang semakin meningkat.

“Di luar itu, tuntutan pelayanan publik mau tidak mau bergulir dan jadi kebutuhan dan harus dilayani oleh pemerintah khususnya Ditpolairud di era Police 4.0,” ujarnya.

Rustam menerangkan secara garis besar, aplikasi BISA ini dapat diunduh menggunakan ponsel berbasis Android, aplikasi yang sifatnya informatif tersebut berisi Profil, Info Cuaca, Info Tsunami, Berita dan Pengaduan.

“Kunci kesuksesan aplikasi ini quick respons. Jadi jangan sampai masyarakat aktif, polisinya tidak siap. Itu yang saya pesankan supaya setelah ini di-launching tidak ada kata-kata selain siap,”Tandasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related