Varian Baru Virus Corona B.117 Jangkit Warga  Kab. Tangerang; Tingkat Penularannya Sangat Cepat

Date:

Ilustrasi varian COVID-19 baru. FOTO: CNBCIndonesia.

Tangerang- Satu kasus varian baru virus corona B. 117 yang berasal dari Inggris muncul di Kabupaten Tangerang. Virus itu ditemukan dari hasil penelitian sample pada pertengahan Februari 2021 lalu terhadap seorang warga asal Kecamatan Mekar Baru, Kabupaten Tangerang. 

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tangerang dr. Hendra Tarmizi saat dikonfirmasi BantenHits.com menuturkan, satu warga yang terpapar virus B. 117 yakni seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru pulang dari wilayah Timur Tengah. 

“Saat ini pasien sudah sembuh tetapi masih kita lakukan pemantauan,” Kata dr. Hendra, Kamis malam 6 Mei 2021. 

Sebagai upaya untuk mencegah penularan virus baru ini pihaknya sudah melakukan tracing dan pengambilan sample terhadap keluarga pasien untuk dibawa ke Kementerian Kesehatan RI. 

“Kita masih menunggu hasilnya tapi samplenya sudah dikirim oleh Provinsi Banten ke Litbangkes Kemenkes RI,” Terangnya.

Ia menjelaskan, gejala penderita virus varian baru ini sama dengan gejala Covid-19, di mana penderita mengalami gejala seperti sakit tenggorokan, batuk, nyeri otor dan demam. Akan tetapi virus corona B. 117 memiliki tingkat penularan yang cukup tinggi sekitar 50% dibanding virus aslinya (Covid-19).

“Kalau soal keganasan sih sama yah dengan Covid-19 hanya saja virus baru ini penularannya lebih cepat, cukup tinggi,” Pungkasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

  • Rikhi Ferdian Herisetiana

    Pria kelahiran Jakarta ini memiliki latar belakang sarjana pendidikan. Ketertarikan pada dunia literasi membuat Rikhi--begitu dia biasa dipanggil--memilih jalan hidup sebagai jurnalis.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related