Connect with us

Berita Utama

Tiba saat Lebaran, Pesawat Rombongan WNA China Tak Terdaftar Jadwal Penerbangan Kedatangan Internasional Reguler

Published

on

Foto Ilustrasi: Evakuasi WNA Thailand yang terjebak Pandemi COVID-19 atau Corona di Indonesia menggunakan alat perlindungan diri (APD) lengkap. (Dok Lion Air)

Tangerang – Pesawat Xiamen Airlines dengan nomor penerbangan MF855 dari Fuzhou, China, mendarat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, saat Lebaran 1442 H atau Kamis 13  Mei 2021, sekitar pukul 12.20 WIB.

Dikutip BantenHits.com dari Tempo.co, dari total 114 penumpang, sebanyak 110 WNA diketahui asal China. Mereka menjalani karantina di wisma atau pun di hotel yang telah ditunjuk Satgas Gugus TNI, dengan rincian: Hotel Arcadia 53 orang, hotel Shangrila 1 orang, Grand Sahid Jaya 18 orang, Mercure Jakarta Batavia 9 orang, Holiday Inn Gajah Mada 30 orang.

BACA :  Polsek Balaraja Sita Petasan Antisipasi Gangguan Kamtibmas

Dalam penerbangan itu juga terdapat 1 WNA asal Korea yang melakukan karantina di Hotel Grand Sahid, 2 WNI yang karantina di Hotel Mercure Batavia dan 1 WNI karantina di Wisma Atlet.

Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, M Holik Muwardi mengungkapkan, pesawat Xiamen Airlines dengan nomor penerbangan MF855 dari Fuzhou, Cina itu tidak terdaftar dalam jadwal penerbangan kedatangan internasional reguler.

“Sepertinya pesawat carter,” ujarnya, Kamis malam, seperti dilansir Tempo.co.

Sepanjang Kamis kemarin, kata Holik, Bandara Soekarno-Hatta melayani 13 penerbangan kedatangan internasional yang mengangkut 950 penumpang dan 8 penerbangan domestik yang mengangkut 500 penumpang.

Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi Arya Pradhana Anggakara belum merespons pertanyaan soal kedatangan rombongan warga China saat Lebaran ini. 

BACA :  Sering Ugal-ugalan dan Banyak Timbulkan Korban Jiwa, Gubernur Banten Ingin Izin Operasi Murni Jaya

Beberapa hari sebelum Lebaran, rombongan WNA asal China juga tercatat mendarat di Bandara Soekarno-Hatta. Mereka menumpangi pesawat Sriwijaya Airlines dengan nomor penerbangan SJ-3185 dari Hangzhou, Cina, yang membawa 149 penumpang pada 12 Mei 2021, pukul 23.37.

Seluruh penumpang WNA China ini datang secara mandiri dan melakukan karantina di Wisma ataupun di Hotel yang telah ditunjuk Satgas COVID-19 dengan perincian: 31 orang di Holiday Inn Gajah Mada, Grand Sahid Jaya 36 orang, Mercure Jakarta Batavia 82 orang.

Pada 11 Mei atau H-1 Lebaran, pesawat China Southern Airlines dengan nomor penerbangan CZ-835 dari Shenzen, China, yang mengangkut  103 penumpang mendarat  pukul 16.33 WIB.

Sebanyak 101 WNA asal China dan 1 WNA asal Ceko melakukan karantina sejumlah wisma dan hotel, yaitu: Hotel Shangrilla 3 orang, Holiday Inn Gajah Mada 1 orang, Holiday Inn Pluit 1 orang, Grand Sahid Jaya 44 orang dan Mercure Jakarta Batavia 54 orang.

BACA :  Pangdam III/Siliwangi Pastikan TNI Netral di Pilkada Serentak Banten

Pada Senin 10 Mei 2021 atau H-2 Lebaran 2 penerbangan dari China juga mendarat di Soekarno-Hatta yaitu pesawat Garuda Indonesia GA 8990 dari Guangzhou yang mengangkut 94 penumpang dan   pesawat Lion Air JT2618 dari Wuhan mengangkut 66 penumpang.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler