Tanggapi Kebijakan Gubernur Banten soal Penutupan Wisata, Ribka Tjiptaning; Jangan Salahkan Rakyat!

Date:

Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Ribka Tjiptaning saat Memberikan Keterangan Pers di Pandeglang. (BantenHits.com/Samsul Fatoni)

Pandeglang – Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Ribka Tjiptaning turut mengomentari kebijakan Gubernur Banten soal penutupan destinasi wisata dengan alasan terjadi kerumunan yang berpotensi menambah klaster COVID-19.

Ribka menilai, kebijakan tersebut merupakan sebuah kebingungan Gubernur Banten karena sebelumnya mengizinkan tempat wisata dibuka saat libur Lebaran. Oleh karena itu dia meminta agar pemerintah tidak menyalahkan rakyat ketika terjadi kerumunan.

“Rakyat ingin berkumpul sama sanak saudaranya di kampung, karena libur panjang setahun sekali. Namun terjadinya kerumunan itu jangan rakyat yang disalahkan, tapi pemerintah yang harus siap mengantisipasi kebijakan yang dibuat,” kata Ribka saat berkunjung ke Pendopo Bupati Pandeglang, Senin 17 Mei 2021.

Menurut Ribka, Gubernur Banten sepertinya sedang mempertimbangkan dua sisi, pertama mengenai tuntutan rakyat dan di sisi lain takut ada peledakan kasus COVID-19 di Banten.

“Mungkin Gubernur Banten mempertimbangkan dua sisi. Nanti takut disalahkan juga mungkin. Memang hal ini pilihan yang sangat sulit, bagi pemerintah takut kasus COVID-19 ini menanjak lagi,

Ribka mengaku tidak mempermasalahkan kerumunan yang terjadi di tempat-tempat wisata. Karena sejak dari dulu sudah memberikan solusi bahwa semuanya harus menjaga daya tahan tubuh, agar tidak mudah terserang virus.

“Kalau aku itu solusinya semua jaga daya tahan tubuh, karena kalau daya tahan tubuk kita kuat maka virus pun akan mati dengan sendirinya,” tandasnya.

Sementara, Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengaku, ikut prihatin atas adanya penutupan destinasi wisata oleh Gubernur Banten. Namun kata dia, kalau lah semua warga bisa menjaga protokol kesehatan maka tidak akan terjadi penutupan destinasi wisata.

“Padahal jika tidak penutupan ekonomi warga bisa mulai tumbuh. Tapi karena kemarin tidak ada jaga jarak dan lain sebagainya, dan itu akan menimbulkan ledakan lagi yang terpapar COVID-19,” tandasnya.

Editor : Engkos Kosasih

Author

  • Samsul Fatoni

    Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Kejuaraan Nasional Gateball 2024 Digelar di Alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang 26-28 April 2024

Berita Tangerang - Bagi Anda pecinta olahraga, jangan sampai...

Kapolri Ungkap Peran Besar Muhammadiyah bagi Bangsa

Berita Jakarta - Muhammadiyah senantiasa selalu mengingatkan seluruh elemen...