Connect with us

Berita Terbaru

Malu-maluin! Tempat Kuliner Elit di Tangerang Bertahun-tahun Nunggak Pajak, Akhirnya Diumumkan ke Publik

Published

on

Petugas Pajak Dari Bapenda Kabupaten Tangerang saat memasang baliho belum bayar pajak di PT Taman Sari Kelapa Dua. (Bantenhits/Rikhi Ferdian)

Tangerang- Petugas pajak dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tangerang mendatangi PT Taman Sari yang berlokasi di kawasan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, pada Senin 17 Mei 2021. 

Bukan tanpa sebab, kedatangan para tax officer ke salah satu pusat kuliner elit di Kabupaten Tangerang itu tidak lain adalah untuk menagih tunggakan pajak yang belum dilunasi oleh PT Taman Sari lebih dari 5 tahun. Nilainya pun cukup besar mencapai miliaran rupiah. 

Dari pantauan, penagihan piutang pajak daerah tersebut dilakukan oleh petugas Bapenda Kabupaten Tangerang dengan cara memasang baliho berukuran cukup besar menggunakan bambu di area depan PT Taman Sari Kelapa Dua. 

BACA :  Delapan Polsek di Kabupaten Tangerang Diusulkan Ditarik Lagi ke Polda Banten, Benarkah Ada Warga Gengsi Berplat A?

Pada baliho itu tertulis bahwa PT Taman Sari selaku Wajib Pajak (WP) belumlah membayar pajak bumi dan bangunan perdesaan perkotaan kepada pemerintah Kabupaten Tangerang. 

“Kami melakukan pemasangan baliho ini sebagai bentuk lain dalam penagihan piutang pajak daerah kepada wajib pajak (PT Taman Sari) karena belum melunasi pajak yang terutang,” Tutur Kepala Bapenda Kabupaten Tangerang Soma Atmaja kepada awak media, Senin 17 Mei 2021. 

Ia menjelaskan, cara menagih pajak dengan pemasangan baliho tersebut sudah sesuai dengan Pasal 106 Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2021 tentang Pajak Daerah dan bukanlah tindakan penyegelan. 

“Dalam perda tersebut tertulis jika telah lewatnya jangka waktu pelunasan pajak yang terutang dan Wajib Pajak belum melunasi, maka pejabat dapat melakukan pemasangan stiker, spanduk, atau media lain sebagai pemberitahuan terhadap tunggakan pajak,” Jelasnya.

BACA :  WH dan Juru Bayarnya Dituntut Warga Bayar Kerugian Rp 4,5 M

Soma juga mengatakan, pemasangan baliho bagi WP yang belum taat pajak itu merupakan salah satu rencana aksi KPK di tahun 2021 untuk Pemkab Tangerang. Melalui Monitoring Centre of Prevention (MCP) KPK, lembaga antirasuah tersebut turut serta melakukan upaya peningkatan dan optimalisasi pendapatan daerah. 

“Penagihan piutang pajak daerah ini dari tahun ke tahun terus menjadi perhatian MCP KPK. Bahkan dalam beberapa pertemuan selalu dipertanyakan sejauh mana progres penagihan kepada para wajib pajak,” Pungkasnya.

Editor: Fariz Abdullah



Pria kelahiran Jakarta ini memiliki latar belakang sarjana pendidikan. Ketertarikan pada dunia literasi membuat Rikhi--begitu dia biasa dipanggil--memilih jalan hidup sebagai jurnalis.

Terpopuler