‘Orang Jokowi’ Ini Sebut 1,5 Juta Warga Indonesia Berhasil Mudik saat Libur Lebaran

Date:

Bupati dan Unsur Forkopimda Kabupaten Tangerang Saat Mendengarkan Arahan Mendagri Tito Karnavian. (Bantenhits/Rikhi Ferdian)

Tangerang- Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyebut terdapat satu setengah juta orang yang melakukan mudik lebaran tahun ini. Hal ini ia ungkapkan saat memberikan arahan dari Presiden Jokowi terkait antisipasi lonjakan kasus COVID-19 pasca lebaran. 

Meski secara presentase hanya sekitar 1,1 % saja, tetapi jumlahnya yang mencapai jutaan itu sangat berpotensi menghadirkan penularan COVID-19 di daerah. 

“Memang 1,1% kelihatan kecil sekali tapi kalau dijumlah ternyata masih besar sekali,” Kata Tito secara virtual yang juga diikuti oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dan unsur Forkopimda Kabupaten Tangerang, di Ruang Cituis, Senin 17 Mei 2021. 

Sesuai arahan presiden ia mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi lonjakan kasus COVID-19 pasca hari lebaran. Meski sebenarnya pemerintah telah mengeluarkan larangan mudik. 

“Hingga saat ini penyebaran COVID-19 tingkat global belum bisa ditekan seperti di India, Pakistan, Prancis, Meksiko dan bahkan negara-negara lain,” Ujarnya. 

Ia melanjutkan, meski dirinya melihat sempat ada keramaian baik oleh pemudik dan di tempat wisata. Tetapi ia berharap kasus aktifnya COVID-19 tidak sebesar tahun lalu. Karena menurutnya saat ini sudah terjadi penurunan kasus aktif sejak awal Februari 2021. 

“Ini yang harus terus kita tekan, adanya penurunan kasus aktif ini harus ada konsistensi sinergitas antara pusat dan daerah, kita harus memiliki endurance (ketahanan) karena pandemi ini diprediksi berakhir dengan waktu yang cukup lama,” Terangnya.

Sementara, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar kepada wartawan mengatakan, dalam menghadapi situasi pandemi COVID-19 ia dan jajaran Forkopimda Kabupaten Tangerang mengaku akan selalu kompak sesuai arahan dari Presiden dan Mendagri. 

“Semoga pasca lebaran ini kita tidak ingin adanya peningkatan kasus kembali, kita sama-sama berdoa itu tidak terjadi,” Pungkasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

  • Rikhi Ferdian Herisetiana

    Pria kelahiran Jakarta ini memiliki latar belakang sarjana pendidikan. Ketertarikan pada dunia literasi membuat Rikhi--begitu dia biasa dipanggil--memilih jalan hidup sebagai jurnalis.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pemkab Serang Gelar Razia KTP bagi Pendatang Baru 29 April – 5 Mei 2024

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Serang melalui...

Kalian Pendatang Baru di Kota Tangerang dan Ingin Urus Pindah Domisili? Simak Info Resmi Ini!

Berita Tangerang - Buat kalian warga pendatang baru di...

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...