Connect with us

Berita Terbaru

‘Orang Jokowi’ Ini Sebut 1,5 Juta Warga Indonesia Berhasil Mudik saat Libur Lebaran

Published

on

Bupati dan Unsur Forkopimda Kabupaten Tangerang Saat Mendengarkan Arahan Mendagri Tito Karnavian. (Bantenhits/Rikhi Ferdian)

Tangerang- Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyebut terdapat satu setengah juta orang yang melakukan mudik lebaran tahun ini. Hal ini ia ungkapkan saat memberikan arahan dari Presiden Jokowi terkait antisipasi lonjakan kasus COVID-19 pasca lebaran. 

Meski secara presentase hanya sekitar 1,1 % saja, tetapi jumlahnya yang mencapai jutaan itu sangat berpotensi menghadirkan penularan COVID-19 di daerah. 

“Memang 1,1% kelihatan kecil sekali tapi kalau dijumlah ternyata masih besar sekali,” Kata Tito secara virtual yang juga diikuti oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dan unsur Forkopimda Kabupaten Tangerang, di Ruang Cituis, Senin 17 Mei 2021. 

BACA :  Warung Remang-remang di Pantai Citra Dirobohkan

Sesuai arahan presiden ia mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi lonjakan kasus COVID-19 pasca hari lebaran. Meski sebenarnya pemerintah telah mengeluarkan larangan mudik. 

“Hingga saat ini penyebaran COVID-19 tingkat global belum bisa ditekan seperti di India, Pakistan, Prancis, Meksiko dan bahkan negara-negara lain,” Ujarnya. 

Ia melanjutkan, meski dirinya melihat sempat ada keramaian baik oleh pemudik dan di tempat wisata. Tetapi ia berharap kasus aktifnya COVID-19 tidak sebesar tahun lalu. Karena menurutnya saat ini sudah terjadi penurunan kasus aktif sejak awal Februari 2021. 

“Ini yang harus terus kita tekan, adanya penurunan kasus aktif ini harus ada konsistensi sinergitas antara pusat dan daerah, kita harus memiliki endurance (ketahanan) karena pandemi ini diprediksi berakhir dengan waktu yang cukup lama,” Terangnya.

BACA :  Sosok Misterius Diduga Rusak Jembatan 'Indiana Jones' yang Jadi Satu-satunya Akses Warga Sindangresmi

Sementara, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar kepada wartawan mengatakan, dalam menghadapi situasi pandemi COVID-19 ia dan jajaran Forkopimda Kabupaten Tangerang mengaku akan selalu kompak sesuai arahan dari Presiden dan Mendagri. 

“Semoga pasca lebaran ini kita tidak ingin adanya peningkatan kasus kembali, kita sama-sama berdoa itu tidak terjadi,” Pungkasnya.

Editor: Fariz Abdullah



Pria kelahiran Jakarta ini memiliki latar belakang sarjana pendidikan. Ketertarikan pada dunia literasi membuat Rikhi--begitu dia biasa dipanggil--memilih jalan hidup sebagai jurnalis.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler