Connect with us

Berita Terbaru

Rumah Dinas Kapolda Banten Digeruduk Suku Baduy, Ada Apa?

Published

on

Suku Baduy, Kabupaten Lebak, saat Mendatangi Rumah Dinas Kapolda Banten. (ISTIMEWA)

Serang – Pasca melaksanakan Seba Baduy di Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang dan di Pendopo Lama Gubernur Banten, beberapa perwakilan suku adat Baduy geruduk Rumah Dinas (Rumdin) Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho.

Usut punya usut kedatangan masyarakat adat Baduy di Rumdin Kapolda tersebut atas undangan dan disambut langsung oleh Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho didampingi sang Istri.

Kepada awak Jaro Saija mengaku sangat senang dan terimakasih kepada Kapolda Banten saat ini telah di undang masuk langsung ke rumdin Kapolda Banten.

“Kami mengucapkan terimakasih mudah-mudahan Bapak Kapolda Banten yang sekarang dicurahkan berkah selamat, subur dan makmur. Dan kami merasa bangga telah di undang Bapak Kapolda Banten” katanya kepada awak media di rumdin Kapolda, Minggu 23 Mei 2021.

BACA :  Penerapan 'Smart City' Perpendek Jalur Birokrasi

Jaro Saija menjelaskan, bahwa masyarakat Baduy baru pertama kali di undang oleh Kapolda Banten dalam upacara Seba Baduy.

“Kami mengadakan upacara Seba tahunan, baru sekarang lah Bapak Kapolda Banten mengundang kami,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho mengatakan bahwa kedatangan perwakilan masyarakat Baduy ke Rumah Dinasnya merupakan suatu penghormatan.

“Saya merasa terhormat sekali kehadiran para sesepuh dari adat Baduy, dan ini merupakan suatu penghormatan bagi saya sebagai Kapolda didatangi para sesepuh dan para Jaro di Rumah Dinas saya,” ujar Rudy Heriyanto.

Rudy menjelaskan, bahwa mengundang tersebut di sengaja bertujuan untuk bersilaturahmi dengan para Sesepuh adat Baduy.

BACA :  Bobol Kantor BRI Legok, Pelaku Berhasil Diringkus

“Pertama-tama saya ingin kenalan, saya ingin silaturahim dengan para sesepuh dari adat Baduy. Dan sekaligus bertukar pikiran dalam rangka kita bisa mencari solusi yang selama ini belum bisa diselesaikan,” imbuh Rudy Heriyanto.

“Dan sejak awal saya menjabat saya langsung sowan kepada sesepuh-sesepuh yang ada di Baduy, itu menunjukkan bahwa saya sangat peduli sekali dengan warga Baduy,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Uday Suhada, selaku Pengamat Budaya Baduy mengapresiasi inisiatif Kapolda Banten untuk mengundang masyarakat Baduy ke Rumah Dinasnya.

“Ini adalah sejarah baru, seingat saya baru kali ini seorang Kapolda berinisiatif untuk mengundang delegasi keseluruhan (orang Baduy) langsung kerumah dinasnya. Ini sesuatu yang luar biasa dan sejarah terpecahkan hari ini. Semua delegasi Seba di undang kerumah dinas Kapolda,” ucapnya.

BACA :  Datangi PN, Prita Kecewa Salinan PK Belum Ada

“Dan sejak zaman sebelum Polda, masih Polwil belum pernah terjadi. Dan Alhamdulillah hari ini delegasi masyarakat Baduy diundang secara langsung oleh Kapolda Banten,” tutupnya. 

Editor : Engkos Kosasih



Terpopuler