Pemprov Banten Bakal Bangun Pelabuhan Perikanan Terpadu di Pandeglang; Irna Minta Nelayan Tak Dilupakan

Date:

Dinas Perikanan Banten saat Berkoordinasi Dengan Bupati Pandeglang, Irna Narulita, Kaitan Pelabuhan Perikanan Terpadu (Istimewa)

Pandeglang – Pemerintah Provinsi Banten, berencana membangun pelabuhan perikanan terpadu di Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang. Detail Engineering Design (DED)
akan diajukan pada anggaran perubahan tahun 2021.

Kepala Dinas Kelautan Provinsi Banten, Eli Susiyanti mengungkapkan, rencana pembangunan pelabuhan perikanan terpadu memang sudah mendapatkan dukungan dari Gubernur Banten, semoga kata dia, anggarannya tidak terkena refocusing sehingga rencana pembangunan itu terealisasi.

“Dukungan dari semua pihak baik Gubernur Banten maupun Pemerintah Pusat sudah ada. Mudah-mudahan anggarannya tidai direfokusing lagi, karena tujuannya baik dalam memajukan sektor perikanan,” ungkap Eli saat berkunjung ke Pendopo Bupati Pandeglang, Senin 24 Mei 2021.

Kata dia, dengan dibangunnya pelabuhan perikanan terpadu tersebut potensi perikanan akan jadi penunjang utama dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Banten. Mengingat sejauh ini sektor kelautan Banten belum bisa dijadikan sektor andalan PAD,

“Dampak dibangunnya Pelabuhan Perikanan Banten Selatan terpadu sangatlah signifikan, diantaranya tumbuhnya aktifitas ekonomi masyarakat pesisir, meningkatkan produksi perikanan tangkap, nilai tukar nelayan, pendapatan nelayan, tingkat konsumsi ikan, retribusi PAD, PDRB, Ekspor Perikanan dan lainnya,” katanya.

Sementara, Bupati Pandeglang, Irna Narulita berharap setelah terwujudnya Pelabuhan Perikanan Terpadu bisa memberdayakan sumberdaya lokal yang ada diwilayah tersebut khususnya Pandeglang.

“Kami harap para nelayan kami diberdayakan, sejauh ini upaya yang dilakukan mereka (nelayan) hanya cukup makan saja, adanya pelabuhan ini kami harap mereka jadi garda terdepan,” harapnya.

Diakuinya, memang pembangunan pelabuhan y
perikanan banten selatan ini merupakan program stategis, sebab kata Irna, semua bisa tercerahkan. Seiring dengan berjalannya itu, diharapkannya ekonomi masyarakat meningkat, dan juga ada peningkatan PAD Pandeglang.

“Lokasinya di Kecamatan Cikeusik sangat tepat, karena wilayah itu diperuntukan untuk industri. Semoga ini terealisasi dengan baik,” tandasnya.

Editor : Engkos Kosasih

Author

  • Samsul Fatoni

    Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Woro-woro! Kuota untuk Uji Lab Produk IKM Gratis di Kota Tangerang Masih Tersedia

Berita Tangerang - Pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...