MUI Kab. Tangerang Ajak Masyarakat Laksanakan Shalat Khusuf Hari Ini, Begini Caranya

Date:

Fenomena Gerhana Bulan Total (BMKG)

Tangerang- Ketua MUI Kabupaten Tangerang KH. Ues Nawawi Ghofar meminta masyarakat untuk melaksanakan shalat Khusuf saat terjadi gerhana bulan total yang diprediksi berlangsung hari ini, Sabtu 26 Mei 2021. 

Ia mengatakan, sebagai umat muslim sangat dianjurkan untuk melaksanakan shalat Khusuf saat terjadi gerhana bulan sebagai bentuk keimanan dalam menyikapi sebuah fenomena alam. 

“Untuk waktu Indonesia bagian barat (WIB) masuk pukul 18.09.21 Wib dan berakhir pada pukul 18.28.05 Wib.,” Kata KH. Ues Nawawi Ghofar saat dihubungi BantenHits.com.

Ia menyebut, ketika terjadi gerhana bulan total sangat dianjurkan bagi umat muslim untuk memperbanyak istighfar. Begitu juga ketika akan memulai shalat diawali dengan membaca istighfar. 

“Jadi kalau shalat Idulfitri diawali dengan takbir kalau shalat gerhana bulan diawali dengan Istighfar. Ada khutbahnya juga untuk mengingatkan umat muslim supaya meningkatkan ketakwaannya,” Terangnya.

Ia menjelaskan, shalat gerhana bulan lebih afdol dilakukan secara berjamaah di masjid musala sebanyak dua rakaat. Menurutnya, tata cara shalat Khusuf agak berbeda dengan shalat sunah lainnya karena setiap satu rakaat rukuk dilakukan sebanyak dua kali. 

“Jadi rakaat pertama baca Al-fatihah, kalau hafal surat-surat panjang kemudian rukuk Iftidal, berdiri. Baca Al-Fatihan lagi dan baca surah lagi, terus nanti rukuk kedua lalu Iftidal baru sujud 2 kali. Kemudian bangun lagi untuk rakaat kedua. Dalam satu rakaat rukuk nya 2 kali jadi ada 4 kali rukuk,” Jelasnya.

Ia menambahkan, meski lebih afdol dilaksanakan secara berjamaah namun dalam masa pandemi ini para jamaah diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. 

“Kita himbau semua masyarakat untuk melaksanakan shalat gerhana bulan. Dan ini adalah kejadian alam yang perlu kita sikapi dengan keimanan. Tidak terkait dengan kejadian lain atau ramalan-ramalan,” Tandasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

  • Rikhi Ferdian Herisetiana

    Pria kelahiran Jakarta ini memiliki latar belakang sarjana pendidikan. Ketertarikan pada dunia literasi membuat Rikhi--begitu dia biasa dipanggil--memilih jalan hidup sebagai jurnalis.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Kejuaraan Nasional Gateball 2024 Digelar di Alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang 26-28 April 2024

Berita Tangerang - Bagi Anda pecinta olahraga, jangan sampai...

Kapolri Ungkap Peran Besar Muhammadiyah bagi Bangsa

Berita Jakarta - Muhammadiyah senantiasa selalu mengingatkan seluruh elemen...