Kader PDIP Mulai Dapat Tugas Khusus di Kota Santri; Dari Pemetaan hingga Hal ‘Booming’

Date:

Ketua DPC PDIP Pandeglang, Yadi Murodi saat memberikan arahan kepada kader PDIP di Pandeglang. (BantenHits.com/ Samsul Fatoni)

Pandeglang – Para kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP Pandeglang, mulai mendapatkan ‘tugas khusus’ dari elit parpol.

Adalah Ketua DPC PDI Perjuangan Pandeglang, Yadi Murodi yang memberikan tugas khusus kepada para kader berlambang banteng bermoncong putih itu.

Yadi meminta, kader PDIP di kabupaten berjuluk Kota Santri ini dari tingkat ranting hingga Dewan Pimpinan Cabang (DPC) mampu membangun koordinasi dengan semua kalangan dan melakukan pemetaan terhadap semua sektor, agar kehadiran PDIP dapat dirasakan manfaatnya oleh semua masyarakat.

Hal itu disampaikan Yadi Murodi usai melakukan Rapat Kerja Cabang PDIP di Kantor Sekretariat DPC PDIP Pandeglang, Sabtu 29 Mei 2021.

Menurut Yadi, para kader partai mulai dari tingkat ranting memiliki kesejajaran dengan pemerintah desa, dan tingkat PAC juga sejajar dengan pemerinah kecamatan, begitu pun dengan tingkat DPC Partai.

“Ketua ranting bisa sejajar dengan kades, karena sebagai eksekutif partai dan PAC juga sama sejajar dengan kecamatan. Karena membawahi kader di bawahnya. Maka dari itu mereka (kader PDIP) harus mampu mengkonsolidasikan program-program partai,” ungkap Yadi,

Dikatakannya, ada yang dinamakan trias dinamika partai yang harus dipahami oleh para kader partai. Artinya para kader PDIP ini harus mampu memetakan jaringan, rekrutmen kader dan mem’booming’kan program kepada kelompok masyarakat seperti kelompok tani, nelayan, buruh dan semua elemen masyarakat lainnya.

“Maka ketika sudah terjalin dengan semua kelompok atau elemen masyarakat, dari situlah para kader dapat mem’booming’kan program partai, yang nantinya bisa dikorelasikan dengan program pembangunan pemerintah,” bebernya.

Menurutnya, para kader partai PDIP bisa berdampingan dengan kelompok tani, nelayan, buruh serta elemen masyarakat lainnya. Karena banyak program partai untuk masyarakat yang nantinya bisa disalurkan melalui pendampingan para kader partai PDIP.

“Nanti apa yang menjadi kebutuhan masyarakat petani, nelayan, pelaku UMKM, buruh dan kelompok masyarakat lainnya bisa disampaikan dan diajukan melalui partai. Baik nantinya program aspirasi maupun melalui prorgam pemerintah,” ujarnya.

Anggota DPRD Pandeglang itu juga berharap, seluruh kader PDIP memiliki peran dalam memajukan pembangunan pemerintah dan mengkonsolidasikan program kerja partai.

“Kehadiran para kader PDIP (diharapkan) dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas, khususnya di wilayah Kabupaten Pandeglang,” harapnya.

Setelah keberadaan kader bisa dirasakan oleh masyarakat, lanjutnya, hal itu praktis ke depan membuat capaian target kursi di Pemilu nanti akan terdongkrak lagi. Pada Pemilu yang akan datang, PDIP menargetkan 9 kursi di DPRD Kabupaten Pandeglang.

“Jika kader sudah mampu melakukan pemetaan, mem’booming’kan program partai, dapat mengangkat peningkatan peraihan kursi di parlemen. (Pemilu 2019) Kemarin kami hanya dapat 5 kursi, tapi yang akan datang kami target 9 kursi di DPRD Pandeglang,” tuturnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

  • Samsul Fatoni

    Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dear, Pemkab dan Pemkot Se-Banten! Pj Gubernur Bilang Jangan Ragu Tempatkan RKUD di Bank Banten

Berita Banten - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Kota...

KASN Tegaskan Sekda Kabupaten Tangerang Dilarang Pendekatan ke Parpol Politik, Ini Aturannya!

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Seleksi Anggota PPK untuk Pilkada Kota Tangerang 2024 Digelar 23-29 April

Berita Tangerang - Seleksi Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan atau...

Generasi Muda Banten, Ayo Bertani! Sektor Pertanian Punya Potensi Menjanjikan Loh

Berita Banten - Sektor pertanian di Banten memiliki potensi...