Connect with us

Berita Terbaru

DPMPD Pandeglang Minta Calon Kades Petahana Selesaikan Piutang Kegiatan

Published

on

Kepala DPMPD Pandeglang, Doni Hermawan saat Memberikan Keterangan Pers Terkait Pilkades (BantenHits.com/Samsul Fatoni)

Pandeglang – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Pandeglang, tidak lama lagi akan dilaksanakan. Para bakal calon pun sudah mulai mempersiapkan persyaratan untuk mendaftar.

Namun untuk kades petahana, diminta untuk menyertakan surat rekomendasi dari Inspektorat. Jika calon tersebut tak memilik surat rekomendasi, maka otomastis akan gugur. Sementara untuk calon baru, tak ada persyaratan tambahan.

“Artinya Kades yang akan mencalonkan lagi tidak memiliki tunggakan atau piutang kegiatan pada saat menjabat. Sehingga hal itu jadi syarat mutlak bagi calon kades petahana,” kata Kepala DPMPD Pandeglang, Doni Hermawan, Rabu 2 Juni 2021.

BACA :  Gawat Covid-19 Merajalela di Kab. Tangerang; Puluhan Nakes Positif Lalu Lima Puskesmas Dilockdown

Menurut Doni, aturan tersebut diterapkan karena menginginkan para calon kades petahana bersih dari piutang kegiatan, agar Pemerintahan Desa bersih dan bagus.

“Jika calon kades petahana masih ada piutang kegiatan dan tidak diselesaikan, maka kades itu tidak bisa mencalonkan lagi, karena itu syarat mutlak,” jelasnya.

Doni juga meminta, pihak panitia dapat menolak berkas pendaftaran petahana kades ketika tidak melampirkan surat rekomendasi dari inspektorat terkait penyelesaian piutang kegiatan sebelumnya.

“Jangan sampai nantinya tunggakan kades lama jadi beban kades baru. Makanya syarat itu diterapkan kepada petahana agar kedepan semua kades bersih dari tunggakan atau piutang kegiatan,” pungkasnya.

Editor : Engkos Kosasih



Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Terpopuler