Connect with us

Berita Terbaru

Kepergok Colong Duit Kotak Amal Masjid Besar di Kabupaten Tangerang Lalu Diamuk Warga; Amandi Tak Dibui

Published

on

FOTO ILUSTRASI. Parah! Duit Kotak Amal Masjid Kubang Lesung Cilegon Dikuras Maling usai Salat Subuh. (Istimewa).

Tangerang- Amandi (39) kepergok tengah membobol kotak amal masjid besar Baitussalam di Jalan Raya Selembaran, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang. Ia dipergoki langsung oleh sang penjaga masjid.

Buruh harian lepas itu kepergok tengah memanjat pagar beton batas area masjid saat mencoba kabur namun Amandi berhasih tertangkap.

Dikutip dari Suara Banten (jaringan Bantenhits) Kapolsek Teluknaga Polres Metro Tangerang Kota AKP Antonius melalui Kanit Reskrim Ipda Aditya Wijanarko membenarkan peristiwa tersebut. Dikatakan, peristiwa itu terjadi pukul 09.30 WIB, Selasa, 1 Juni 2021.

Beruntung, amukan warga tidak berlanjut lantaran pelaku segera diamankan ke kantor polisi.

BACA :  Sering Padam, Pelayanan PLN Dikeluhkan Warga Pandeglang

“Pelaku mencuri uang tunai di kotak amal sebesar Rp2.249.000 dengan vara dibobol. Pengakuannya karena terlilit utang,” ujar Adit kepada BantenNews.co.id-Jaringan SuaraBanten.id, Rabu, 2 Juni 2021.

Namun, lanjut Adit, pelaku tidak lanjut diproses hukum lantaran pengurus Masjid membuat pernyataan tertulis untuk tidak menuntut ke ranah pidana.

Pernyataan tertulis itu pun, kata Adit diperkuat dengan Peraturan Mahkamah Agung No. 2 Tahun 2012 tentang Penyelesaian Batas Tindak Pidana Ringan (Tipiring) dan Jumlah Denda dalam KUHP.

“Uangnya dibawah Rp2,5 juta, jadi masuk kategori tipiring. Cuma kami tahan selama 1 x 24 jam,” paparnya.

Sementara itu, Ketua DKM Masjid Besar Baitussalam H. Subandi mengaku sudah membuat pernyataan tertulis agar pelaku tidak diproses secara pidana. Namun, ia meminta uang hasil pencurian itu dikembalikan seutuhnya.

BACA :  Ditemani Duo Pemimimpin Muda Tangerang, Jokowi Sarapan di Pasar Lama lalu Senam Bersama di Puspemkot Tangerang

“Saya juga lihat kasian orang susah, karena kelilit utang jadi nekat curi kotak amal. Ditambah bukan siapa-siapa, orang dekat tinggal di kelurahan Dadap,” ujar Subandi.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler