Connect with us

Berita Terbaru

Mahasiswa Kota Tangerang Diskusi Bareng Politisi PDI Perjuangan; Aktualisasi Pancasila di Zaman Now

Published

on

Mahasiswa saat foto bersama dengan anggota DPR RI Dapil Banten III, Ananta Wahana usai berdiskusi. (Istimewa)

Tangerang- Aliansi Mahasiswa Tangerang melakukan diskusi Sarasehan Pancasila bareng anggota DPR RI, Ananta Wahana, Minggu, 6 Juni 2021.

Berlangsung di ruang Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Tangerang, diskusi sendiri bertemakan “Aktualisasi Pancasila di Zaman Now “.

Anggota DPR RI Dapil Banten 3, Ananta Wahana menuturkan, aktualisasi pancasila di zaman now atau zaman sekarang mengalami beberapa tantangan. Diperlukan pancasila sebagai mata pelajaran wajib dikalangan pemuda, pelajar dan mahasiswa.

“Sekarang kegiatan bersama mahasiswa cipayung saya sangat apresiasi dan berharap Pancasila bukan hanya diucapkan tapi diimplementasikan atau diaktualisasikan disegala sendi kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Ananta.

BACA :  Sukses Borong 4 Penghargaan Bergengsi, Perumdam TKR Tancap Gas Wujudkan Target 60 Persen Cakupan Layanan

Ketua DPC GMNI Kota Tangerang Dede mengungakapkan, bahwa dinamisme pancasila sebagai sebuah ideologi murni telah diuji oleh perjalanan sejarah lewat proses dialektik yang panjang, dan pada realitanya penerapan pancasila dewasa ini semakin kabur.

“Kami (GMNI) sudah lakukan survey, faktanya pemahaman masyarakat tentang wawasan kebangsaan dan pancasila masih sangat minim,”katanya.

“Maka kami menganggap perlu adanya sebuah pendidikan wawasan kebangsaan yang dilakukan secara rutin oleh seluruh elemen masyarakat dengan semangat korektif demi mewujudkan cita-cita proklamasi 17 agustus 1945,”tambahnya.

Dalam hal ini lanjut Dede, pihaknya dari kelompok aliansi mahasiswa cipayung plus telah sepakat untuk mendorong serius kegiatan Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PWK) di Kota Tangerang sesuai dengan amanat permendagri no.17 tahun 2012 tentang PWK.

BACA :  Kejati Banten Kumpulkan Data Usut Dugaan Duit APBD Banten Rp 23 M "Dirampok" Mafia Anggaran

“Maka dari itu kami yang tergabung dalam kelompok cipayung mendorong program PWK untuk masuk kedalam RAPBD perubahan Kota Tangerang agar program tersebut dapat terlealisasikan,”timpal Ketua HMI Cabang Tangerang Raya Izat Zajuli.

Editor: Fariz Abdullah



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler