Refleksi Hari Laut Sedunia, Aktivis Minta Hentikan Pencemaran Sampah

Date:

Aktivis saat Melakukan Aksi Unjuk Rasa di Depan Patung Nelayan Labuan, Kecamatan Labuan, Sebagai Refleksi Hari Laut Sedunia (Samsul Fatoni/BantenHits.com)

Pandeglang – Sejumlah aktivis yang tergabung dalam Opoes Poeple (OP) melakukan aksi unjuk rasa di depan patung nelayan di jalan simpang tiga pasar Labuan, Kecamatan Labuan, Pandeglang, Selasa 7 Juni 2021.

Aksi ini sebagai refleksi Hari Laut Sedunia,
dalam aksinya OP mengingatkan masyarakat Labuan untuk tidak membuang sampah ke laut, mereka juga meminta pemerintah untuk tanggap terhadap masalah sampah yang mencemari laut.

“Pada momen Hari Laut Sedunia, melalui aksi ini kami ingatkan masyarakat untuk tidak membuang smapah ke laut. Jaga lingkungan laut demi keberlangsungan ekosistem laut,” kata Koordinator Lapangan Aksi, Haerul Mahyudi.

Pantauan BantenHits.com, para pengunjuk rasa memakaikan kalung sampah pada patung nelayan. Hal ini sebagai bentuk protes pada pemerintah yang terkesan diam pada persoalan sampah di laut.

Setelah itu, sejumlah aktivis itu juga membagi-bagikan tumbler dan sedotan stainless kepada warga atau pengguna jalan yang melintas di jalan tersebut. Sejumlah aktivis itu juga membawa poster dengan berbagai tulisan bernada sindirian, salah satunya “Labuan Bala”.

“Mari kita sama – sama jaga lingkungan laut kita dari pencemaran sampah,” tegasnya.

Ia mengharapkan, unsur pemerintah melakukan koordinasi dengan semua pihak, guna membersihkan sampah yang saat ini sudah sangat memprihatinkan.

“Desa Teluk (Kecamatan Labuan) ini sangat potensial sebetulnya, apalagi jika semua mau bergotong-royong membebaskan Teluk dari sampah, jika laut bebas dari sampah maka akan berdampak baik juga pada mata pencaharian para nelayan,” tandasnya.

Editor : Engkos Kosasih

Author

  • Samsul Fatoni

    Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...

Selama Libur Lebaran 2024, Petugas Kebersihan di Kota Tangerang Setiap Hari Angkut 1.800 Ton Sampah

Berita Tangerang - Selama libur Lebaran 6-15 April 2024,...