Connect with us

Berita Terbaru

Ratusan Rumah Kumuh di Kabupaten Pandeglang Bakal Dapat Sentuhan Dinas Sosial

Published

on

Pasutri di Panggung Rawi Tinggal di Gubuk

Rumah Tidak Layak Huni (Dok.Bantenhits)

Pandeglang – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pandeglang tahun ini bakal merehab 887 rumah kumuh yang tersebar di 35 Kecamatan yang ada di Pandeglang.

Kepala Dinsos Pandeglang, Nuriah mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan pendataan dan verifikasi rumah warga yang tidak layak huni untuk menjadi sasaran program tersebut.

“Tahun ini kami targetkan sebanyak 887 rumah, sekarang lagi proses verifikasi. Karena bantuan itu harus tepat sasaran,” kata Nuriah, Kamis 10 Juni 2021.

Menurut Nuriah, untuk masing-masing Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bakal mendapat bantuan rehabilitasi dengan nominal uang sebesar Rp 7,5 juta.

“Jumlah sebanyak itu (887 unit) merupakan hasil usulan dari tahun 2018 lalau. Pasalnya, pada 2020 tidak terdapat pembanguman lantaran seluruh anggaran terkena refocusing akibat pandemi COVID-19,” jelasnya.

BACA :  Dinkes Lebak Kesulitan Cegah Frambusia di Desa Kanekes

Meski demikian, Dinsos Pandeglang belum bisa memastikan bantuan rumah tidak layak huni tersebut dapat direalisasi pada bulan apa.

“Untuk saat ini kami baru merampungkan regulasinya. Ini kan Perda nya baru beres kaitan dengan bantuan sosial dan sebagainya,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga harus melakukan sinkronisasi data bersama dengan stakeholder terkait. Agar bantuan yang diberikan bisa tepat sasaran. Artinya, yang benar – benar mendapatkan bantuan itu adalah warga yang rumahnya tidak layak huni.

“Pemerintah Desa dan Kecamatan juga harus dilibatkan. Biar nanti dalam penyaluran bisa tepat sasaran. Jangan sampai warga yang benar-benar rumahnya tidak layak tapi tidak mendapatkan,” tandasnya.

Editor : Engkos Kosasih

BACA :  26 Jalan dan Jembatan di Lebak Rusak Diterjang Banjir-Longsor; Kerugian Capai Rp2,5 Miliar



Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Terpopuler