Connect with us

Berita Terbaru

Tahap Akhir Pembangunan Jalan Tol Serang – Panimbang Masih Terkendala Lahan yang Belum Dibebaskan

Published

on

Proyek Tol Serang – Panimbang Memasuki Tahap Akhir, atau seksi 3 yang Meliputi ruas Cileles – Panimbang. Namun masih ada Rtusan Bidang Tanah yang Belum Dibebaskan (Istimewa/Kemenpupr)

Pandeglang – Pemerintah belum melakukan pembebasan lahan untuk pembangunan jalan Tol Serang – Panimbang seksi 3 atau tahap akhir. Sehingga pembangunan tol sepanjang 33 Kilometer itu masih terkendala.

Diketahui dari target pembebasan lahan sebanyak 1.497 bidang tanah, pemerintah baru membebaskan sekitar 1.168 ruas Cileles-Panimbang. Sehingga masih ada 327 bidang tanah yang belum dibebaskan.

“Sisanya 21,87 persen atau ada 327 bidang yang diantaranya bidang tanah. Pengadaan tanah untuk Tol Serang-Panimbang, kami mendapat tugas pembebasan 24 Kilometer di 6 Kecamatan dan 12 Desa,” kata Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pandeglang, Suraji, Kamis 10 Juni 2021.

BACA :  66.126 Siswa di Tangsel Diklaim Dapat Manfaat USAID Prioritas

Pembangunan tol seksi 3 ini dimulai dari Ruas Cileles – Panimbang, bidang tanah yang belum dibebaskan itu bersinggungan dengan lahan milik PT. Perhutani, PTPN VIII, aset desa, dan 3 bidang tanah wakaf.

Suraji belum bisa memastikan kapan proses pembebasan rampung. Sebab, menuntaskan pembebasan lahan merupakan kewenangan lintas sektor terutama Kementerian PUPR.

“Belum bisa dipastikan kapan bisa diselesaikan. Namun kami harap lebih cepat lebih baik,” tutupnya.

Editor : Engkos Kosasih



Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Terpopuler