Connect with us

Berita Terbaru

Gaes, di Lebak Ada Sekolah Pemilu; Upaya Mewujudkan Demokrasi Cerdas untuk Pemilu Berintegritas

Published

on

Kepala Sekolah Pemilu, Mastur Huda saat memberikan sambutan dalam acara launching Sekolah Pemilu di SMK Muhammadiyah, Rangkasbitung, Sabtu, 12 Juni 2021. (Istimewa)

Lebak- Majelis Daerah (MD) Korps Alumni HMI (KAHMI) Kabupaten Lebak menggelar Sekolah Pemilu di SMK Muhammadiyah Rangkasbitung, Sabtu, 12 Juni 2021. Tujuannya mewujudkan demokrasi cerdas untuk pemilu yang berintegritas.

Sekolah yang akan berlangsung hingga 28 Agustus 2021 ini ternyata diinisiasi oleh tiga pentolan KAHMI. Mereka adalah Mastur Huda Jurnalis senior di Kabupaten Lebak, Agus Sutisna anggota KPU Banten dan Ali Faisal anggota Bawaslu Banten.

Kepala Sekolah Pemilu MD Kahmi Lebak Mastur Huda berharap sekolah pemilu ini dapat meningkatkan kualitas peserta didik dalam persoalan kepemiluan. Sehingga, mereka bisa menjadi agen untuk peningkatan kesadaran masyarakat dalam berdemokrasi.

BACA :  Nasib Buruk Pegawai RSUD Kota Tangerang, Gaji Tak Pasti dan Tak Dapat Jaminan Kesehatan

“Sekolah Pemilu akan dilaksanakan selama tiga bulan. Ada 12 pertemuan yang harus diikuti para siswa dalam setiap minggunya. Mereka akan menerima berbagai pengetahuan tentang pemilu dari pakar yang disiapkan,” kata Mastur kepada BantenHits, Minggu, 14 Juni 2021.

“Materi yang disampaikan, diantaranya tentang demokrasi, sejarah pemilu, sistem kepartaian, sistem pemilu, sengketa hasil pemilu, hingga politik afirmasi perempuan,” tambah pria yang menjabat Ketua Pokja Wartawan Harian dan Elektronik Lebak ini.

Sementara Sekjen MN Kahmi Manimbang Kahariady mengapresiasi, program Sekolah Pemilu yang diselenggarakan MD Kahmi Lebak. Ia juga meyakini kegiatan ini akan memberikan kontribusi terhadap pembangunan demokrasi di Indonesia.

“Ini inovasi luar biasa dari rekan-rekan Kahmi Lebak. Saya ingin, di daerah lain juga dilakukan sehingga demokrasi substansial dapat direalisasikan di negeri ini,” harapnya.

BACA :  Polisi Gelar Rekonstruksi Penyelundupan 1 Ton Sabu di Anyer, 26 Adegan Diperagakan Pelaku

Hadir dalam acara Launching Sekolah Pemilu Sekretaris Jenderal Majelis Nasional Kahmi Manimbang Kahariady, Sekjen KNPI Banten yang juga senior HMI Isak Newton, anggota Bawaslu Lebak Deni, dan perwakilan keluarga besar Muhamadiyah Charis Khadafi.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Terpopuler