Tubuh Pemuda Disabilitas Mental di Pandeglang Melepuh Diduga usai Dicekoki Miras

Date:

Zaenal Abidin (27) Pemuda Disabilitas Mental di Pandeglang saat Ditangani di RSUD Berkah Pandeglang. (Dok. Keluarga korban)

Pandeglang – Tubuh seorang pemuda di Kabupaten Pandeglang, Banten, tiba-tiba melepuh, diduga usai dicekoki minuman keras (Miras) oleh orang tidak dikenal.

Adalah Zaenal Abidin (27) warga Desa Kadumadang, Kecamatan Cimanuk. Saat ini, penderita penyandang disabilitas mental ini tengah dirawat di RSUD Berkah Pandeglang.

Sepupu pasien, Irwan Oktaviani mengatakan,
berdasarkan hasil diagnosa dokter, Zaenal mengalami alergi obat hingga mengakibatkan kulitnya melepuh.

Kondisi itu terjadi lantaran terdapat pengaruh alkohol di dalam tubuhnya yang menyebabkan setengah badan Zaenal berubah menghitam seperti mendapat luka bakar.

“Zaenal dalam dua tahun terakhir sedang menjalani pengobatan (Penyakit mental) tapi dari hasil labnya, kata dokter ada kejanggalan alkohol. Ternyata pas ditanya sama orangnya, dia mau ngomong ada yang ngasih Miras,” kata Irwan saat dihubungi wartawan, Rabu 16 Juni 2021.

Irwan menjelaskan, kejadian bermula saat Zaenal mengeluh bagian mulutnya sakit dan terasa panas pada Kamis 10 Juni 2021 lalu. Setelah dicek oleh keluarga, bibir Zaenal sudah dalam kondisi melepuh dan berubah warna kehitaman.

“Tadinya cuma timbul bintik-bintik, lama kelamaan melepuh gitu seperti kesiram air panas. Akhirnya langsung dibawa ke puskesmas sama keluarga,” ujarnya.

Dikatakannya, saat itu setibanya di Puskesmas, kondisi Zaenal makin parah. Area kulitnya yang melepuh seperti terbakar ternyata meluas menutupi seluruh wajahnya, bahkan menjalar hingga ke bagian dada. 

Dikatakannya lagi, pihak Puskesmas selanjutnya langsung merujuk Zaenal ke RSU Berkah Pandeglang, karena kondisinya sudah bertambah parah. 

“Namun ketika tiba di Rumah Sakit, luka bakar yang dialami Zaenal itu sudah menjalar hingga ke area selangkangan. Alhamdulillah langsung ditangani, langsung masuk IGD terus luka bakarnya enggak menjalar lagi,” tandasnya.

Keluarga korban sudah melaporkan insiden pencokan Miras tersebut kepada Aparat Kepolisian. Saat ini, Polres Pandeglang tengah melakukan pendalaman.

“Masih didalami oleh unit 1 (Satreskrim Polres Pandeglang) nanti kalau ada perkembangan, kami kasih tau penyebab melepuhnya,” kata Kasatreskim Polres Pandeglang, IPTU Fazar Mauludi.

Editor : Engkos Kosasih

Author

  • Samsul Fatoni

    Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pemkot Banjir Aduan, Skenario Penataan Pasar Sipon Segera Disiapkan

Berita Tangerang - Skenario penataan Pasar Sipon yang berlokasi...

Yuk Serbu! Ada Pameran Buku Murah 17 April -17 Mei 2024 di Mal Ciputra Citra Raya

Berita Tangerang - Kabar baik bagi para pecinta buku....

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...