Connect with us

Berita Terbaru

Proyek Pembangunan Tol Serang-Panimbang Seksi 3 Disuntik Pinjaman dari Pemerintah China

Published

on

Kepala BPJN Banten, Wida Nurfaida saat Memberikan Keterangan Pere. (BantenHits.com/Samsul)

Pandeglang – Pemerintah Indonesia mendapat pinjaman luar negeri dari Pemerintah China untuk proyek pembangunan tol Serang-Panimbang seksi 3 yang diproyeksikan dibangun pada Agustus 2021.

Hal itu terungkap saat Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Banten dan tiga kontraktor melakukan Rapat Koordinasi mengenai progres pembangunan jalan Tol Serang-Panimbang di ruang Garuda Pendopo Bupati Pandeglang, Kamis 17 Agustus 2021.

“Jadi untuk seksi 3 (Cileles-Panimbang) dapat pinjaman luar negeri dari Pemerintah China, sekarang prosenya dari Kementerian Keuangan. InsyaAllah jika prosesnya mulus, diahir Agustus 2021 kita sudah bisa mulai pelaksanaan di lapangan,” kata Kepala BPJN Banten, Wida Nurfaida.

BACA :  Masuk Zona Kuning Sebaran Covid-19, Pemkab Tangerang Bersikukuh Ogah Longgarkan PSBB ¬†

Wida mengatakan, kebutuhan anggaran untuk membangun tol terseut mencapai Rp4,5 triliun. Target penyelesaian pelaksanaan sekitar dua tahun sejak diterbitkannya Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK).

Sementara saat ditanya bagaimana kaitan dengan lahan untuk jalan tol Serang – Panimbang tersebut. Ia mengaku, untuk lahan yang di wilayah Pandeglang sudah mencapai 80 persen.

“Tadi juga kami sudah koordinasi dengan Bupati Pandeglang, terkait mempercepat proses pembebasan lahannya sendiri,” ujarnya.

Sementara Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengaku, memang pembangunan jalan tol yang di jalur Pandeglang itu seksi akhir. Namun kata Irna, suksesnya pembangunan jalan tol Serang – Panimbang sangat mendorong untuk kemajuan Kabupaten Pandeglang. 

“Investor yang akan datang ke Pandeglang sangat bergantung kepada aksesbilitas. Sedangkan Pandeglang butuh investasi untuk kemandirian fiskal, maka saya harap tol Serang-Panimbang ini berjalan lancar,” harapnya.

BACA :  Perubahan Komposisi Saham Kepemilikan dan Nilai Modal Disetor PT TNG Berpotensi Pidana

Editor : Engkos Kosasih



Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler