Connect with us

Berita Terbaru

Didukung Mandiri Sekuritas, BJB Dirikan Perusahaan Efek Daerah Pertama di Indonesia

Published

on

BJB Sekuritas dan Mandiri Sekuritas melakukan perjanjian kerjasama. Dengan kerjasama ini, BJB mendirikan BJB Sekuritas sebagai BJB dirikan Perusahaan Efek Daerah pertama di Indonesia. (Istimewa)

Bandung – Bank Jabar Banten atau BJB resmi mendirikan Perusahaan Efek Daerah (PED) pertama di Indonesia bernama BJB Sekuritas, dengan diterbitkannya akta pendirian PT BJB Sekuritas Jawa Barat pada tanggal 23 November 2020.

Perseroan terbatas tersebut akan menjadi anak perusahaan bank bjb yang menaungi pengelolaan PED di Jawa Barat ini.

Direktur Utama BJB, Yuddy Renaldi mengatakan, pembentukan PED BJB Sekuritas ini merupakan tonggak baru dalam perkembangan bisnis perseroan.

“Pelebaran sayap usaha ini dilakukan untuk menyerap potensi angka pertumbuhan minat berinvestasi saham khususnya di Jawa Barat yang semakin hari kian memperlihatkan antusiasme yang cukup tinggi,” kata Yuddy melalui keterangan tertulis kepada BantenHits.com.

BACA :  Penjagaan di Wilayah Perbatasan Lebak Diperketat; Pemudik Diperiksa KTP dan STNK

Sebagai salah satu tahap awal, BJB Sekuritas resmi memperoleh kode broker JB untuk aktivitas perdagangan di lantai bursa. Kode JB ini ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bursa Efek Indonesia (BEI) tanggal 23 Desember 2020.

Dengan terdaftarnya kode broker JB, aktivitas perdagangan BJB Sekuritas akan lebih mudah terindeks di bursa saham. bjb Sekuritas juga telah menunjuk PT IDX Solusi Teknologi Informasi sebagai mediator remote trading bagi PED.

Sebagai PED Pertama di Indonesia, bjb Sekuritas didukung oleh Mandiri Sekuritas dalam proses operasional dan penyelesaian transaksi efek di bursa. bjb Sekuritas menunjuk Mandiri Sekuritas sebagai AB Sponsor yang dinilai memiliki kapabilitas dan kredibilitas yang kuat di pasar modal.

BACA :  Pengguna Motor di Bojonegara Tiba-tiba Diberhentikan Anggota TNI-Polri, Ada Apa?

Penandatanganan Kerja Sama antara bjb Sekuritas dan Mandiri Sekuritas dihadiri oleh Direktur Komersial dan UMKM bank bjb, Nancy Adistyasari, Managing Director Mandiri Sekuritas, Theodora VN Manik, Para pemegang saham bjb Sekuritas, serta jajaran pengurus dari bjb Sekuritas yang dilaksanakan secara virtual, Kamis, 17 Juni 2021.

Direktur Komersial dan UMKM bank bjb Nancy Adistyasari menambahkan, melalui sinergitas ini diharapkan dapat membantu proses pelaksanaan serta penyelesaian transaksi efek.

“Juga untuk proses transfer knowledge dari Mandiri Sekuritas sebagai perusahaan efek yang telah lama menjalankan aktivitasnya kepada bjb Sekuritas sebagai PED yang baru saja berdiri,” ujar Nancy.

Keberadaan PED pertama di Indonesia ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta menekan praktik investasi bodong di tataran masyarakat.

BACA :  Alhamdulillah, Tak Satupun RT di Kab. Tangerang Zona Merah Covid-19

Bank bjb memastikan bakal menjangkau calon investor dalam area seluas mungkin guna mengakomodasi kepentingan seluruh kelompok masyarakat untuk memanfaatkan pasar modal dan menjadi investor.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler