Penanganan Dugaan Korupsi Bantuan PKH di Tigaraksa Lambat, Kejari Berdalih Tunggu Audit Kerugian Negara

Date:

Pemanggilan dan pemeriksaan saksi dari KPM PKH Tigaraksa oleh Penyidik Kejaksaan Negeri Kabupaten Tangerang terkait dugaan korupsi Bantuan PKH di Kecamatan Tigaraksa.(Foto: Dok pribadi).

Tangerang – Pengungkapan dugaan kasus korupsi dana bantuan Program Keluarga Harapan atau PKH tahun anggaran 2018-2019 di wilayah Kecamatan Tigaraksa belum juga menunjukan titik terang.

Padahal Kejari Kabupaten Tangerang telah melakukan pemanggilan saksi-saksi dibantaranya sekitar 3.452 KPM (keluarga penerima manfaat), sembilan orang pendamping, dan beberapa pejabat terkait sudah selesai dilakukan.

Hingga kini Kejaksaan Negeri Kabupaten Tangerang belum juga menetapkan tersangka dalam kasus dugaan korupsi bagi warga miskin tersebut.

“Iya belum ada penetapan tersangka karena kita masih menunggu hitung-hitungan kerugian negara oleh Inspektorat. Auditnya kita limpahkan ke Inspektorat,” kata Kepala Seksi Intelijen Kejari Kabupaten Tangerang, Nana Lukmana kepada BantenHits.com, Selasa 29 Juni 2021.

Menurut dia, lamanya proses audit tersebut lantaran pihak Inspektorat pun harus melakukan pemeriksaan untuk menghitung kerugian negara yang diperkirakan mencapai 3,5 miliar tersebut.

“Tapi kalau mereka (Inspektorat) yang dimintai keterangan hanya ketua kelompoknya saja. Sekarang sih tinggal hitung-hitungan aja informasinya selesai  dalam seminggu ke depan,” ujarnya

Kata Nana, setelah penghitungan kerugian negara selesai dan hasilnya sudah keluar, pihaknya akan langsung melakukan penetapan tersangka.

Kendati begitu, ia belum mau membuka inisial dan jumlah calon tersangka.

“Nanti tunggu selesai semua ini tinggal menghitung kerugian negara saja,” pungkasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 

Author

  • Rikhi Ferdian Herisetiana

    Pria kelahiran Jakarta ini memiliki latar belakang sarjana pendidikan. Ketertarikan pada dunia literasi membuat Rikhi--begitu dia biasa dipanggil--memilih jalan hidup sebagai jurnalis.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...