COVID-19 Lagi Gila-gilanya, Wakil Rakyat dari Banten Ingatkan Jangan Ada Intrik Perang Dagang dalam Rencana Penarikan Genose

Date:

Foto ilustrasi: Pengunjung Tangcity Mal saat menjalani tes Genose. (BantenHits/Hendra Wibisana).

Jakarta – Wakil Rakyat dari Banten yang merupakan Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto kembali bersuara keras.

Kali ini, politisi PKS dari daerah pemilihan Banten II ini menolak rencana pihak tertentu menarik Genose dari peredaran.

Mulyanto menilai permintaan tersebut sangat tidak beralasan dan sekadar intrik perang dagang pihak yang merasa terganggu kepentingannya.
Menanggapi hal tersebut, Mulyanto minta Pemerintah jangan gegabah. Di saat penyebaran COVID-19 yang masih sangat tinggi Pemerintah perlu mengerahkan seluruh kemampuan untuk menanggulanginya.

“Mengingat Genose sebagai alat tes cepat COVID-19 mempunyai banyak keunggulan. Selain efektif, cepat, praktis, serta dapat menguji secara massif, harga uji cepat dengan Genose ini juga relatif murah,” kata Mulyanto melalui keterangan tertulis kepada BantenHits.com, Kamis, 1 Juli 2021.

“Karena itu, alat uji ini (genose) dapat melayani deteksi cepat COVID-19 untuk masyarakat dengan harga terjangkau. Apalagi Genose ini adalah produk inovasi teknologi anak bangsa. Hasil riset dari lembaga litbang universitas nasional kita,” sambungnya.

Mulyanto mengatakan, tak dipungkiri jika saat ini terjadi perang dagang di antara para pelaku bisnis obat dan alat kesehatan yang sekarang beredar di Indonesia.

“Ini lumrah saja. Karena jiwa bisnis memang seperti itu, yakni mencari untung sebanyak-banyaknya dengan biaya yang sedikit-dikitnya,” imbuh Mulyanto.

Namun demikian, menurut Mulyanto, etika bisnis di Indonesia harus terus dijunjung tinggi agar tumbuh keadilan ekonomi serta kokohnya produksi anak bangsa yang berkualitas di dalam pasar domestik. Indonesia tidak boleh tergantung pada produk asing. Sebab berbahaya bagi ketahanan ekonomi nasional .

“Itu sebabnya saya mendukung Genose ini,” tandas Mulyanto.

Menurut Mulyanto secara scientific dan legalistik, track record Genose ini sangat baik. Pertama ia adalah hasil riset dan inovasi yang dikembangkan para peneliti UGM yang masuk dalam koordinasi Konsorsium Riset Covid-19, di bawah Kemenristek, yang sekarang dipindah menjadi di bawah BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional).

Kedua, karena terbukti hasilnya efektif dan aman dalam deteksi cepat Covid-19, Genose berhasil mendapat izin edar dari Kementerian Kesehatan dalam kategori alat kesehatan. Dan ketiga, ketika dibawa ke pasar ternyata mendapat sambutan yang baik dari masyarakat.

Basis ilmiah dan legal Genose itu sangat kuat. Jadi, kalau memang benar-benar ada usulan secara konkret untuk menarik Genose dari pasar, maka harus ada bukti-bukti yang kuat secara ilmiah empirik terkait keamanan dan keefektivan alat ini. Bukan sekedar berdasarkan desas-desus yang berasal pada sentimen perang dagang produk impor.

Editor: Fariz Abdullah

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...