Jenazah Covid-19 di Kab. Tangerang Tertukar, Politisi PDI Perjuangan Ini Lantang Sebut Itu Kelalaian

Date:

Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Tangerang Deden Umardani saat memberikan keterangan pers. (Bantenhits/Rikhi Ferdian)

Tangerang- Diduga ada kelalaian dalam insiden dua jenazah COVID-19 yang tertukar di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Balaraja, Kabupaten Tangerang, pada Senin 28 Juni 2021 lalu.

Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Tangerang Deden Umardani mengatakan, terlepas dari keterangan pihak rumah sakit bahwa tidak ada penyampaian atau komplain dari keluarga pada proses pemulasaraan jenazah pertama.

Namun, seharusnya sudah ada sistem atau standar operasional prosedur (SOP) pemulasaraan jenazah untuk mencegah kejadian seperti ini.

“Masa ketika jenazah dipindahkan dari kamar perawatan ke kamar jenazah,  sampai pada tempat pemulasaran tidak ada identitas pasien pada troli jenazah?,” Kata Deden saat dimintai tanggapannya oleh BantenHits.com, Rabu 30 Juni 2021.

Seharusnya, lanjut Deden, ketika hendak dilakukan pemulasaraan identisas jenazah sudah diketahui. Jika hal ini tidak diperhatikan berarti ada kelalaian sehingga dua jenazah tersebut tertukar.

“Jika SOP soal identitas jenazah itu tidak ada yang harus dibenahi sistemnya. Tapi jika itu sudah menjadi bagain standar yang berlaku di RS tapi tidak dilakukan artinya ada kelalaian disana,” Ujarnya.

Meski begitu, Politikus muda dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini berharap, insiden tertukarnya jenazah   di rumah sakit Kabupaten Tangerang tidak terulang kembali.

“Kita bayangkan bagaimana perasaan para keluarganya. Bayangkan juga kalau kejadian tersebut baru diketahui setelah salah satu jenazah sudah dimakamkan. Sekali lagi jadikan ini yang terakhir jangan sampai terulang lagi,” Tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, dua jenazah COVID-19 asal Kecamatan Sukadiri dan Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, tertukar di RSUD Balaraja.

Dua jenazah berjenis kelamin wanita berinisial I dan R tersebut tertukar saat dilakukan proses pemulasaraan jenazah oleh petugas rumah sakit.

Bahkan, satu jenazah yang tertukar itu sudah dibawa ke rumah duka di wilayah Kecamatan Cisoka untuk dimakamkan. 

Editor: Fariz Abdullah

 

 

Author

  • Rikhi Ferdian Herisetiana

    Pria kelahiran Jakarta ini memiliki latar belakang sarjana pendidikan. Ketertarikan pada dunia literasi membuat Rikhi--begitu dia biasa dipanggil--memilih jalan hidup sebagai jurnalis.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Imbauan KASN untuk Tim Sukses Sekda Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sachrudin Yakin Si Bayi Ajaib Akan Kembali ke Masa Kejayaannya

Berita Tangerang - Kerinduan warga Kota Tangerang kepada Persikota...