Connect with us

Berita Terbaru

Tergiur Lihat Hasil Tangkap Ikan, Diskan Lebak Pede Bisa Sumbang PAD Rp1,2 Miliar

Published

on

Salah satu penjual ikan di TPI Binuangen, Kabupaten Lebak saat menunggu pembeli. (BantenHits.com/Fariz Abdullah)

Lebak- Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Lebak menargetkan menyumbang PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kabupaten Lebak tahun 2021 sebesar Rp1,2 miliar. Jumlah tersebut didapat dari retribusi TPI (Tempat Pelelangan Ikan) di wilayah Kabupaten Lebak bagian Selatan.

“Tahun 2021 ini, Diskan menargetkan PAD sebesar Rp1,2 miliar dari hasil tangkap ikan,” kata Kabid Pelayanan Usaha Perikanan (PUP) pada Dinas Perikanan Kabupaten Lebak, Bernardi, Rabu 30 Juni 2021.

Bernardi menjelaskan, potensi PAD diperoleh dari hasil retribusi tangkap ikan nelayan di 11 TPI di Kabupaten Lebak. Mulai dari TPI Binuangeun, Wanasalam sampai TPI Cibareno, Kecamatan Cilograng.

BACA :  Syafrudin: Lalu Lintas Kota Serang saat Nataru Lancar

“TPI hasil tangkap paling besar itu TPI Binuangeun, Bayah dan Sukahujan. Dari target Rp1,2 miliar, sampai bulan Juni ini sudah tercapai 63,87 persen,” katanya.

Ia optimis target PAD dapat tercapai karena sektor perikanan dalam hal ini hasil tangkap nelayan tidak terpengaruh oleh kondisi Covid -19. Kalau hasil tangkap tidak ada pengaruhnya.

“Hanya saja memang terhadap waktu penjualannya yang lamban. Jadi istilahnya perputaran ikan melamban tetapi hasil tangkap ikan tetap melimpah terkecuali kondisi cuaca buruk,” katanya.

“Jadi banyak nelayan menjual hasil tangkap langsung ke TPI. Termasuk TPI Binuangeun,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Sub Bagian Tata Usaha Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Binuangeun Ahmad Hadi menambahkan, hasil tangkap ikan nelayan Binuangeun beragam.

BACA :  RPJMD Banten 2017-2022 Mulai Digodok, Enam Poin Dibahas

“Mulai dari jenis ikan tuna, tongkol, layur, layang, cumi, kakap, dan ikan lainnya. Yang memang memiliki nilai jual tinggi,” katanya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler