Connect with us

Berita Terbaru

Tak Sanggup Bayar Denda Rp 100.000, Penjaga Toilet di Kota Serang Pilih Dipenjara saat Jalani Sidang Tipiring PPKM Darurat

Published

on

Suasana Sidang Tipiring PPKM Darurat di Provinsi Banten (Mahyadi/BantenHits.com)

Serang – Sebanyak 40 warga di Provinsi Banten menjalani sidang tindak pidana ringan (Tipiring) di Alun-alun Barat Kota Serang. Mereka merupakan para pelanggar aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Sidang ini diadakan oleh Polda Banten dan Pengadilan Negeri (PN) Serang. Dalam sidang ini, seorang pelanggar memilih dipenjara lantaran tak memiliki uang untuk membayar denda.

“Ada 40 pelanggar PPKM Darurat yang mengikuti sidang tipiring hari ini. Mereka berasal dari kalangan umum, mulai dari pedagang, pemilik toko, buruh. Mereka terjaring razia oleh petugas saat operasi PPKM Darurat,” ucap Kapolda Banten, Irjen Pol Rudy Heriyanto, Kamis 8 Juli 2021.

BACA :  Begini Penjelasan Lion Air soal Delay yang Membuat Penumpang Ngamuk

Rudy mengatakan sidang tipiring ini bertujuan untuk memberikan sangsi kepada masyarakat yang melanggar aturan PPKM Darurat.

“Sidang Tipiring ini yang perdana dilakukan di Banten yang bertujuan untuk memberikan sangsi kepada pelanggar PPKM Darurat. Mereka terjaring razia Satgas Covid-19 Kota Serang yang dilaksanakan pada pagi hingga siang tadi,” kata Rudy Heriyanto.

Sementara, Uli Purnama selaku Hakim Sidang Tipiring mengatakan bahwa para pelanggar dikenakan sangsi yang berbeda-beda.

“Kalau menurut Perda nya, sangsi kita tetapkan berupa denda karena ditetapkan dalam aturan. Dendanya itu Rp 100.000 sampai Rp 200.000 atau kurungan 1 hari sampai 3 hari,” katanya.

Seorang pelanggar inisial BH (30) warga kota Serang yang sehari-harinya bekerja menjaga toilet umum ini memilih dipenjara selama satu hari karena tidak sanggup membayar denda Rp 100.000

BACA :  Gaes, Sekarang Ponpes Terpadu Bismillah Punya Jurusan Pertanian

Pemberian sanksi denda yang diberikan kepada pelanggar berdasarkan pasal 26 dan pasal 27 Peraturan Daerah Provinsi Banten nomor 1 tahun 2021 tentang penanggulangan COVID-19.

Editor : Engkos Kosasih



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler