Connect with us

Berita Terbaru

Langkah Cepat Pemkab dan Pemkot Tangerang Atasi Kelangkaan Tabung Oksigen

Published

on

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tangerang terus melakukan pemantauan bersama Dinas Kesehatan terkait ketersediaan oksigen dan regulator oksigen serta obat-obatan di Kabupaten Tangerang. (Foto: tangerangkab.go.id)

Tangerang – Warga Kabupaten dan Kota Tangerang tak perlu risau lagi dengan kelangkaan stok tabung oksigen.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar telah mengambil langkah cepat tanggap untuk mengantisipasi kelangkaan tabung di wilayahnya.

Dikutip BantenHits.com dari Tempo.co, Zaki membentuk Satuan tugas Oksigen yang dinamai BUMD Gemilang Peduli Oksigen. 

“Ini bagian dari kerjasama, gotong- royong seluruh BUMD dan Pemda Kabupaten Tangerang untuk membantu ketersediaan oksigen dan tabung oksigen,” kata Zaki, Jumat 16 Juli 2021.

Satgas oksigen ini, kata Zaki, merupakan gabungan dari BUMD Se-Kabupaten Tangerang, yang terdiri dari Perumdam Tirta Kerta Raharja, Perumdam Pasar Niaga Kerta Raharja, PT. LMK Artha Raharja Gemilang (Perseroda), PT. BPR Kerta Raharja Gemilang (Perseroda) dan PT. Mitra Kerta Raharja (Perseroda).

BACA :  Setiap Tahun Diperbaiki Jalan Nasional di Pandeglang Selalu Rusak

Semua BUMD Kabupaten Tangerang bergotong-royong dan bekerjasama baik dalam mengatasi kelangkaan tabung maupun oksigennya untuk membantu pasokan oksigen dan tabungnya ke rumah sakit, puskesmas maupun fasilitas kesehatan lainnya di Kabupaten Tangerang.
 
Satgas oksigen dalam laporannya, saat ini menargetkan sekitar 200 tabung oksigen dengan berbagai ukuran. Sampai saat ini sudah terealisasi lebih dari 61 tabung oksigen ukuran 1 meter kubik dan 6 meter kubik. Sebanyak 61 tabung sudah diserahkan ke RS Qadr pada 13 Juli 2021.

Adapun kebutuhan oksigen di RSUD Balaraja Kabupaten Tangerang menurut juru bicara RS dr. Aang Sunarto ketersediaan oksigen di RSUD Balaraja sejauh ini masih cukup dan terpenuhi.

“Laporan bidang medik saat ini pasien Covid-19 baik di ruang isolasi maupun IGD ada 68 orang dengan oksigen yang cukup,” kata Aang.

BACA :  Pengguna Jasa Kereta Ekonomi Tolak Penghapusan

Sementara itu di Kota Tangerang Dinas Perhubungan bergerak cepat dengan mengerahkan delapan tim personel petugas Dishub untuk mengangkut isi ulang tabung oksigen yang diperuntukan ke rumah sakit, puskesmas dan Rumah Isolasi Terkonsentrasi (RIT).

Kepala Dishub Kota Tangerang Wahyudi Iskandar mengatakan mengerahkan delapan armada operasional Dishub untuk mengangkut tabung oksigen isi ulang setiap hari sebanyak dua kali dari tempat pengisian di Cimone dan Cibodas ke RIT dan puskesmas se-Kota Tangerang.

“Kami siapkan petugas dengan dua shift pagi dan sore. Mereka terdiri dari delapan tim,”kata Wahyudi.

Wahyudi menyebut dari delapan tim itu terbagi dua shift pengisian dan pengantaran oksigen isi ulang. Setiap tim ada empat orang dengan satu kendaraan. Artinya setiap shift ada 32 petugas yang bekerja atau sebanyak 64 orang petugas setiap harinya.

“Tugas 8 tim ini adalah memastikan ketersediaan di puskesmas dan RIT sehingga dengan seperti ini diharapkan tidak terjadi kekurangan oksigen,” kata Wahyudi.

BACA :  Masyarakat Lebih Antisipatif, Kasus Curanmor di Kabupaten Tangerang Berkurang

Pemkot Tangerang juga telah bekerjasama dengan PT Anugerah Gasindo Abadi, PT Tribuana Gasindo dan Air Product Indonesia memberikan layanan pengisian tabung oksigen gratis bertempat di Gedung MUI Kota Tangerang.

Engkos Zarkasyi, Asda III Kota Tangerang mengatakan pengisian tabung oksigen gratis ini dibagi menjadi dua sesi setiap harinya, pukul 09.00 – 11.00 dan 13.00 – 16.00.

“Kuota yang tersedia itu, untuk pengisian 1.000 tabung oksigen, dibuka hingga lima hari sejak Rabu lalu 14 Jul 2021 dengan kuota setiap hari 200 tabung.

Syaratnya hanya dengan mendaftar secara online, lalu membawa fotocopi KTP ke Gedung MUI. Puluhan petugas BPBD sudah siaga, untuk membantu proses pengisian.

“Masyarakat bisa mengisi tabung oksigen ukuran satu meter kubik secara gratis. Semoga layanan ini membantu mereka yang membutuhkan,” kata Engkos.

Masyarakat pun banyak mengapresiasi, layanan pengisian tabung oksigen gratis ini. Selain kecepatan proses pengisian, masyarakat pun mengaku proses mendaftarnya juga mudah melalui laman https://covid19.tangerangkota.go.id/permohonan_oksigen.

Editor: Fariz Abdullah



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler