Pemprov Banten Terima Bantuan 120 Ton Oksigen dari PT. Chandra Asri untuk Rumah Sakit

Date:

Jajaran Pemprov Banten saat menerima bantuan 120 ton oksigen dari PT. Chandra Asri untuk Rumah Sakit di Banten. (Istimewa)

Serang – Pemerintah Provinsi atau Pemprov Banten menerima bantuan 120 ton oksigen dari PT. Chandra Asri yang akan disalurkan kepada rumah sakit yang dinaungi oleh Asosiasi Rumah Sakit Daerah (Arsada) Provinsi Banten. 

Asisten Daerah Banten M Yusuf mengatakan, penyerahan secara simbolik telah dilakukan oleh Direktur Utama PT. Chandra Asri kepada Gubernur Banten secara virtual. 

“Chandra Asri memberikan 120 ton oksigen selama 2 bulan ke depan, untuk masyarakat Banten melalui pemprov Banten yang nanti kita bekerjasama dengan Arsada provinsi Banten,” ucap Yusuf begitu dirinya disapa, Senin 19 Juli 2021.

Menurutnya, bantuan tersebut akan di prioritaskan untuk rumah sakit yang dikelola Arsada Provinsi Banten. 

“Itu sebenarnya untuk kebutuhan masyarakat Banten, yang ada sekarang itu di rumah sakit yang dikelola Arsada,” tambahnya.

Sementara, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Banten, Babar Suharso menyampaikan, banyak pihak yang turut memberikan bantuan oksigen, mulai dari produsen serta pihak lainnya. 

“Bantuan ini sebenarnya banyak oksigen ini, ada yang bersumber dari produsen oksigen ada 4 perusahaan besar yang memproduksi, ini disalurkan melalui satgas oksigen nasional. Yang kedua ada juga dari BUMN yaitu dari PT KS itu ada 100 tabung perhari di distribusikan kerumah sakit,” katanya. 

“Kemudian ini yang ketiga yang di Banten khusus ada tambahan sumbangan dari Chandra Asri sebanyak 120 ton selama dua bulan, berarti satu bulan 60 ton hari ini di droping sebesar 20 ton,” sambungnya. 

Selain itu, Dirinya menuturkan saat ini rumah sakit membutuhkan dua macam oksigen, baik yang berbentuk tabung maupun oksigen cair yang ditampung dalam tangki di masing-masing rumah sakit. 

“Tapi kebutuhan yang besar itu tabung, sehingga kita siapkan di PT Utama Gas ini untuk memenuhi tabung. Kalau dari 1 Ton bisa 125 tabung kurang lebih, jadi kalau 20 ton itu 2500, pengisian tabung perhari ini insyaallah aman,” imbuhnya. 

Babar mengutarakan bantuan oksigen dari PT. Chandra Asri akan disalurkan kepada 14 rumah sakit yang dinaungi Arsada, yang merupakan rumah sakit rujukan COVID-19. Pendistribusian akan dilakukan sesuai dengan kebutuhan masing-masing rumah sakit. 

“Sesuai dengan kebutuhan, baik yang tabung maupun yang liquid (cair, red),” pungkasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...