Connect with us

Berita Terbaru

Ikut Kata Jokowi, Pemkab Lebak Tak Akan Biarkan Warga Kelaparan saat PPKM

Published

on

FOTO ILUSTRASI beras. (Net)

Lebak- Pemerintah Kabupaten Lebak memastikan tak akan membuat warga kelaparan saat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Buktinya, mereka langsung menyalurkan bantuan 4,5 ton beras untuk masyarakat yang terdampak Covid-19.

Usut punya usut, bantuan beras ini diprioritaskan untuk mereka yang belum terdaftar dalam penerima bantuan seperti Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), PKH, dan bantuan sosial lainnya.

Dinas Sosial Kabupaten Lebak mencatat ada 18.138 warga lebak terancam tidak mendapatkan bantuan lantaran NIK yang ada invalid atau tidak padan dengan data Kementerian Sosial Republik Indonesia.

“Sesuai dengan intruksi dari bapak Presiden Jokowi, kita (Pemkab Lebak,-red) tidak akan sampai membiarkan warga kelaparan. Khususnya di tengah pandemi dan masa PPKM,”kata Asda I Pemkab Lebak, Alkadri, Minggu, 25 Juli 2021.

BACA :  Begini Kondisi Enam Mahasiswa Untirta yang Hilang di Gunung Pulosari

“kemarin kami telah mendistribusikan sebagai 4,5 ton beras kepada warga yang mana setiap warga akan menerima 5 kilogram beras,”tambahnya.

Kata Alkadri. Pemkab juga telah menyalurkan bantuan seperti Bantuan Sosial Tunai (BST) bagi warga Lebak yang sebelumnya tidak tercover bantuan dari Kementrian Sosial RI. Bantuan itu berasal dari Kementrian Desa dan Tertinggal, yang disalurkan secara bertahap melalui Kantor Desa setempat.

“Kita sudah sering menggelontorkan dana bantuan sembako kepada masyarakat. Pendistribusiannya dilakukan oleh BPBD dan Satpol PP Lebak kepada para pedagang dan warga lainnya,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lebak, Eka Darmana Putra menjelaskan bahwa saat ini pihaknya terus melakukan pemberian bantuan sembako kepada masyarakat yang tidak tercover bantuan Kemensos RI seperti BST, PKH dan BPNT.

BACA :  Isu Penculikan Anak Makan Korban, Penderita Epilepsi di Pandeglang Babak Belur Diduga Dihakimi Massa

Dirinya juga telah berkoordinasi dengan BPBD Lebak dan Satpol PP dalam beberapa hari kedepan akan dilakukan distribusi bantuan kepada warga yang belum mendapatkan bantuan.

“Kita juga masih menunggu pendistribusian 3 ribu paket beras kemasan 5 kg dari Kemensos RI bagi masyarakat terdampak PPKM diluar penerima BST dan PKH yang sampai saat ini belum tiba,” tegasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler