Connect with us

Berita Utama

Perang Melawan Hoaks Jadi Kunci Sukses atau Tidaknya Vaksinasi di Pandeglang, Ini Temuan Nakes! 

Published

on

Dokter Spesialis Penyakit Paru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Berkah Pandeglang, dr Eko Prasteyo Novianto menyebutkan, warga Pandeglang masih banyak yang enggan divaksin gara-gara percaya hoaks. (BantenHits.com/ Samsul Fatoni)

Pandeglang – Hoaks menjadi ancaman utama bagi suksesnya program vaksinasi di Kabupaten Pandeglang. Gara-gara hoaks, masih banyak warga Pandeglang yang enggan disuntik vaksin.

Padahal, dalam upaya penanggulangan COVID-19, pemerintah kini tengah gencar melakukan vaksinisasi.

Dokter Spesialis Penyakit Paru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Berkah Pandeglang, dr Eko Prasteyo Novianto mengungkapkan, saat ini masyarakat Pandeglang memang masih banyak yang termakan isu hoaks tentang vaksin.

“(Hoaks yang menyebutkan) seperti vaksin itu berbahaya, vaksin itu malah menyebabkkan menjadi COVID-19,” kata Prasteyo, di sela-sela vaksinasi di salah satu kawasan wisata di Kecamatan Labuan, Minggu 1 Agustus 2021.

BACA :  Kepergok Bobol Rumah Warga di Rajeg, Pria Ini Diciduk Polisi

Prasetyo memastikan, vaksin itu penting untuk mencegah supaya tidak terjadi serangan yang berat dari COVID-19. Masyarakat disarankan jangan mudah termakan isu hoaks dan percayalah pada pemerintah karena pemerintah peduli terhadap masyarakat agar segera terbebas dari COVID-19.

“Memang antusias warga Pandeglang terhadap vaksinisasi ini masih kurang, karena masih banyak warga yang enggan untuk divaksin tidak seperti di luar negeri. Untuk itu saya sarankan agar masyarakat Pandeglang antusias divaksin,” ungkapnya.

Terpisah, Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang, Eni Yati membenarkan, jika sekarang ini masih banyak warga Pandeglang yang enggan disuntik vaksin lantaran mereka termakan hoaks tentang vaksin.

Namun, untuk meyakinkan masyarakat agar antusias disuntik vaksin, pihaknya bersama jajaran instansi yang lain dan elemen masyarakat terus melakukan sosialisasi kepada warga tentang vaksinisasi.

BACA :  Lahan Beralih Fungsi, Populasi Kerbau dan Sapi di Lebak Menurun

“Iya benar, saat ini masih banyak warga yang takut divaksin. Tapi kami bersama jajaran yang lain, terus melakukan sosialisasi, supaya masyarakat faham dan tidak takut divaksin. Sebab vaksinisasi adalah upaya dalam penanggulangan COVID-19,” ujarnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler