Connect with us

Berita Terbaru

Terdampak Pembangunan Kotaku, Gedung TPI III Labuan Pandeglang Dibongkar

Published

on

TPI III Labuan Pandeglang Dibongkar karena terdampak pembangunan Kotaku. (Bantenhits/Samsul Fatoni)

Pandeglang – Sebagian kantor Tempat Pelelangan Ikan (TPI) III Desa Labuan, Kecamatan Labuan, Pandeglang, terpaksa dibongkar, lantaran terdampak pembangunan Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).

Rencanaya di sekitar TPI III bakal dibangun Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) dari program yang digelontorkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR).

Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Pandeglang, Suaedi Kurdiatna membenarkan jika sebagian kantor TPI saat ini sedang dibongkar, karena akan dibangun JPO yang menghubungkan antara Desa Teluk – Labuan.

“Nantinya kantor TPI yang terdampak akan dibangun kembali oleh pihak pelaksana atau kontraktornya yang melaksnaakan pembangunan JPO. Ada suratnya dari kontraktor,” ungkapnya, Senin 2 Agustus 2021.

BACA :  Sadarkan Bahaya AIDS, Himaputra dan Replika Gelar sosialiasi di SMKN 5 Mauk

Dikatakannya, pembangunan JPO tersebut hanya berdampak pada pembongkaran kantor TPI saja. Untuk kegiatan lelang ikan hasil tangkapan nelayan tetap berjalan.

“Kalau gedung TPI nya tidak, hanya sebagian saja hanya depannya. Kemudian pedagang itu sudah ada kesepakatan untuk pindah dulu,” katanya.

Menurutnya, keberadaan JPO ini akan menjadi akses bagi warga dan pedagang ikan di Kecamatan Labuan, untuk meningkatkan aktivitas jual beli ikan sehingga berdampak pada perekonomian masyarakat dan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Jembatan itu nanti dibuat tinggi kemudian di TPI nya kita sedang coba melakukan kerjasama dengan pihak ketiga untuk dibangun pasar ikan yang lebih representatif. Jangan hanya jembatannya saja yang bagus, Tapi TPI nya juga harus bagus,” ujarnya.

BACA :  44 Posko Kesehatan Disiapkan Dinkes Pandeglang Hadapi Arus Mudik

Pembangunan JPO itu disambut baik oleh warga Labuan, seperti yang disampaikan oleh salah seorang warga Labuan, Izi mengaku, mengharapkan pembangunan jembatan berjalan dengan kualitas yang baik. Karena jembatan tersebut akan menjadi urat nadi perekonomian di Kecamatan Labuan.

“Kualitasnya harus benar-benar baik, karena disitu jalur perahu nelayan. Jangan sampai nelayan gak bisa lewat. Maka kualitas bangunanya harus bagus,” harapnya.

Editor : Engkos Kosasih



Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler