Connect with us

Berita Terbaru

Calon Kepala Desa di Kecamatan Saketi Tetap Kampanye Libatkan Iring-iringan Massa Meski Pilkades Resmi Diundur

Published

on

Suasana kampanye Calkades di Desa Langensari, Kecamatan Saketi, Kabupaten Pandeglang. Padahal pelaksanaan Pilkades telah resmi ditunda dan Kabupaten Pandeglang sendiri saat ini diterapkan PPKM Level 4.(BantenHits.com/ Samsul)

Pandeglang – Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Banten, terpaksa menunda pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2021, usai menerima surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Penundaan Pilkades ini sampai dua bulan atau sampai Oktobet 2021. Sebelumnya pelaksanaan Pilkades dijadwalkan pada 15 Agustus 2021.

“Kami sudah dapat surat dari Mendagri terkait pengunduran jadwal Pilkades. Besok (Selasa) akan dilakukan pembahasan,” kata Kepala DPMPD Pandeglang, Doni Hermawan, Senin, 9 Agustus 2021.

Namun, pantauan BantenHits.com, para calon kepala desa (Calkades) di wilayah Kecamatan Saketi, Kabupaten Pandeglang, terpantau tetap melakukan kampanye langsung.

BACA :  Dikunjungi Kepala Pusdiklatpim LAN RI, Wabup Curhat Kondisi Desa di Lebak

Salah satu kegiatan kampanye Pilkades tersebut berlangsung di Desa Langensari serta desa lainnya yang melakukan Pilkades di wilayah itu.

Terlihat, kampanye tersebut melibatkan iring – iringan ratusan massa. Padahal seperti diketahui, Kabupaten Pandeglang merupakan wilayah yang menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4.

Iring – iringan massa kampanye Pilkades di Desa Langensari itu terlihat mengenakan atribut kampanye berwarna merah.

Dihubungi melalui telepon selulernya, Camat Saketi, Hasan Basri membenarkan, jika sejumlah desa di Saketi yang akan melakukan Pilkades sedang menjalankan kampanye.

“Kampanye Pilkades tidak hanya dilakukan di Desa Langensari saja, tapi desa lainnya juga di Saketi melakukan kegiatan yang sama (Kampanye Pilkades, red),” ungkap Hasan Basri, Senin 9 Agustus 2021.

BACA :  Pelaksanaan Bulan Dana PMI Pandeglang Terkendala Waktu

Menurut Hasan, kegiatan kampanye yang dilakukan para calon Kades di Saketi, lantaran surat pemberitahuan pengunduran Pilkades baru diterimanya hari ini. Sementara, para calon kades sudah terlanjur tahu Senin ini tahapan kampanye. Sehingga mereka memilih melakukan kampanye di masing – masing desanya.

“Memang hari ini tahapan kampanye Pilkades. Namun surat pengundiran jadwal Pilakdes baru kami terima hari ini, maka yang sudah melakukan kampanye biar berjalan, tapi mulai besok distop lagi,” katanya.

Saat disinggung telah terjadinya kerumunan masa dalam kampanye Pilkades tersebut, sementara masa PPKM ini diperpanjang oleh pemerintah. Camat mengaku. Dalam Permendagri dan Peraturan Bupati Nomor 7 tahun 2021 bahwa masa kampanye diatur maksimal 50 orang per calon kades.

BACA :  Hindari Berita Hoax, PWI Kabupaten Tangerang Gelar KLW

“Jadi pada intinya kampanye yang dilakukan para calon kades, lantaran surat pemberitahuan pengunduran Pilakdes baru kami terima. Jadi para calon sudah terlanjur melakukan kampany, tapi untuk besok akan distop lagi,” ujarnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 



Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler